Pernah Makan Bayam Merah? Ini Manfaat dan Kandungannya, Baik Dikonsumsi bagi Penderita Anemia

Pernah Makan Bayam Merah? Ini Manfaat dan Kandungannya, Baik Dikonsumsi bagi Penderita Anemia

Ilustrasi. Manfaat dan kandungan bayam merah yang baik untuk kesehatan.--(Sumber Foto: Halodoc)

BETVNEWS - Selain bayam hijau, terdapat bayam merah yang juga memiliki manfaat dalam kesehatan. Bayam jenis ini termasuk dalam kelompok Amaranthus tricolor dan memiliki nama latin Blitum rubrum.

Tanaman tersebut dikenal sebagai sayuran tropis yang tumbuh sepanjang tahun dan bisa ditemukan pada ketinggian 5-200 mdpl. Kandungan pigmen merah pada bayam merah membuat tinggi kadar flavonoid dapat menangkal radikal bebas. Flavonoid termasuk bagian dari antioksidan yang berada di dalam makanan.

BACA JUGA:Resep Tumis Bayam Jagung, Olahan Lezat dan Sehat untuk Makan Malam, Dijamin Suka!

Meskipun dikenal dengan bayam merah, bayam tersebut mempunyai daun dan batang berwarna merah keunguan. Khasiat bayam merah ternyata tidak hanya bermanfaat pada kesehatan tubuh, namun juga memiliki manfaat untuk perawatan kecantikan.

Tanaman jenis ini dikenal juga dengan sebutan superfood sebab memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan berbagai manfaat khususnya kesehatan. Diketahui bayam merah dan bayam hijau memilki rasa yang sama, hanya saja kandungan keduanya berbeda.

BACA JUGA:Memiliki Nama Latin Anredera Cordifolia, Tumbuhan Daun Binahong Ternyata Punya Segudang Manfaat, Apa Saja?

Kandungan zat warna pada bayam merah inilah yang menjadikan sumber antioksidan lebih unggul dibanding dengan bayam hijau. Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, 100 gram bayam merah memiliki kandungan gizi sebagai berikut.

Energi: 41 Kalori

Protein: 2,2 gr

Lemak: 0,8 gr

Karbohidrat: 6,3 gr

Serat: 2,2 gr

Kalsium: 520 mg

Fosfor: 80 mg

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: