Cair Awal November! Segera Cek Bansos BPNT Tahap 4 di Link Ini, Penerima Siap Dapat BLT Rp600.000

Cair Awal November! Segera Cek Bansos BPNT Tahap 4 di Link Ini, Penerima Siap Dapat BLT Rp600.000

Cair Awal November! Segera Cek Bansos BPNT Tahap 4 di Link Ini, Penerima Siap Dapat BLT Rp600.000--(Sumber Foto: Tria/BETV)

BETVNEWS - Bansos BPNT tahap 4 kembali cair di awal bulan November 2023. Segera cek nama penerima di link cekbansos.kemensos.go.id melalui handphone kamu.

Apabila terdata sebagai penerima, maka kamu berhak mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp600.000 yang akan masuk ke rekening KKS kamu.

KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) sendiri adalah kartu yang diberikan kepada masyarakat penerima bansos dan sekaligus merangkap sebagai ATM penyaluran bansos secara nontunai.

BACA JUGA:Cek Daftar Penerima Bansos PKH Tahap 4 November 2023, Cair Berbarengan dengan BPNT di tanggal Ini

Sementara itu, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sendiri merupakan salah satu bansos yang dikucurkan pemerintah untuk mengurangi angka kemiskinan di Indonesia.

BPNT awalnya adalah bansos non tunai dalam bentuk bahan pangan yang diberikan pemerintah pada masyarakat kurang mampu setiap bulan. Kemudian pada 23 Desember 2020, skema penyaluran BPNT diganti menjadi BLT (Bantuan Langsung Tunai) berupa uang tunai Rp200.000 per bulan.

Jika diakumulasikan dalam setahun, maka penerima bisa memperoleh bantuan sebesar Rp2.400.000.

BACA JUGA:Penerima Kartu KIP Selamat, Bansos PIP Kemdikbud tahap 3 Cair Rp1.000.000, Ini Jadwalnya!

Bansos ini merupakan salah satu instrumen pemerintah dalam mengurangi beban pengeluaran keluarga miskin.

Diketahui, bansos BPNT telah memasuki tahap 4 dengan alokasi pencairan untuk bulan Oktober-November-Desember 2023. Dana yang akan didapatkan adalah Rp600.000.

Berdasarkan jadwal penyaluran di tahun sebelumnya, bansos BPNT tahap 4 dijadwalkan cair mulai tanggal 1 Oktober hingga 31 Desember 2023 secara bertahap.

Dengan begitu, awal November bansos BPNT tahap 4 Rp600.000 akan cair untuk beberapa penerima manfaat di sejumlah wilayah Indonesia secara bertahap.

BACA JUGA:Siap-siap Awal November, Bansos BPNT 2023 Cair Lagi? Segera Cek Status Nama Kamu Cukup Pakai HP

Dana bansos akan disalurkan bertahap melalui ATM KKS dari Bank Himbara (BNI, BRI, BTN dan Mandiri). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: