KPU

2 November Memperingati Hari Arwah, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh pada Tanggal Ini

2 November Memperingati Hari Arwah, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh pada Tanggal Ini

2 November Memperingati Hari Arwah, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh pada Tanggal Ini--(Sumber Foto: Pexels)

BACA JUGA:27 Oktober Memperingati Hari Penerbangan Nasional, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh di Tanggal Ini

Kekerasan dan ancaman terhadap jurnalis telah menjadi kekhawatiran lama di Eropa dan negara-negara lain. 

Kemudian pada tanggal 23 November 2011, Hari Internasional untuk Mengakhiri Impunitas atas Kejahatan Terhadap Jurnalis ditetapkan oleh International Freedom of Speech Exchange (IFEX).

IFEX adalah sebuah jaringan kelompok masyarakat sipil di seluruh dunia yang berdedikasi untuk membela dan mempromosikan hak atas kebebasan berekspresi dan hak berekspresi.

Pada hari ini di tahun 2009, pembantaian 'Ampatuan' diperingati sebagai Kejahatan Terhadap Jurnalis, yang merupakan serangan paling berdarah terhadap jurnalis dalam sejarah modern. Peristiwa ini menewaskan setidaknya 57 orang, termasuk 32 jurnalis dan pegawai media.

Pada bulan Desember 2013, setelah lobi ekstensif yang dilakukan oleh anggota IFEX dan aktivis masyarakat sipil lainnya untuk kebebasan berekspresi, sidang pleno Majelis Umum PBB yang ke-70 mengesahkan 'Resolusi 68/163', yang menetapkan tanggal 2 November sebagai Hari Internasional untuk Mengakhiri Impunitas atas Kejahatan Terhadap Jurnalis (IDEI). 

BACA JUGA:26 Oktober Memperingati Hari Meletusnya Gunung Merapi, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh di Tanggal Ini

Demikian informasi seputar daftar peringatan yang jatuh pada tanggal 2 November, mulai dari Hari Arwah hingga Hari Internasional untuk Mengakhiri Impunitas atas Kejahatan Terhadap Jurnalis. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: