KPU

2 November Memperingati Hari Arwah, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh pada Tanggal Ini

2 November Memperingati Hari Arwah, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh pada Tanggal Ini

2 November Memperingati Hari Arwah, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh pada Tanggal Ini--(Sumber Foto: Pexels)

BETVNEWS - Tiap tanggal memiliki momen tertentu yang diperingati setiap tahunnya oleh sebagian orang atau kelompok tertentu, dan bahkan seluruh dunia. Termasuk pada tanggal 2 November.

Tahun ini, 2 November 2023 jatuh pada hari Kamis. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Arwah atau All Souls' Day.

Hari Arwah dirayakan oleh umat Katolik di seluruh dunia pada tanggal 2 November atau sehari setelah perayaan Hari Orang Kudus.

Selain Hari Arwah, tanggal 2 November juga diperingati sebagai Balet Sedunia dan Hari Internasional untuk Mengakhiri Impunitas atas Kejahatan Terhadap Jurnalis.

BACA JUGA:Hari Vegan Sedunia 1 November 2023: Simak 5 Manfaat Konsumsi Sayur dan Buah untuk Kesehatan Tubuh

Berikut daftar peringatan yang jatuh pada tanggal ini:

1. Hari Arwah

Hari Arwah dirayakan oleh umat Katolik di seluruh dunia pada tanggal 2 November atau sehari setelah perayaan Hari Orang Kudus.

Hari Arwah Sedunia atau All Souls' Day diperingati oleh umat Katolik dengan cara menghantarkan doa-doa bagi semua umat beriman yang telah meninggal dunia.

Setiap tanggal 2 November, gereja Katolik mengenang dan mengirimkan doa secara khusus bagi para arwah dari orang beriman yang sudah meninggal dunia. Dalam momen ini, mereka biasanya mengadakan Misa Requiem atau Misa Arwah. Misa Requiem merupakan misa untuk menghormati arwah orang yang sudah meninggal.

Dalam momen ini, umumnya akan dinyanyikan pada hari penguburan, ulang tahun selanjutnya, hari ketiga, hari ketujuh, serta 30 hari setelah pemakaman berikutnya.

BACA JUGA:1 November Memperingati Apa? Cek Daftar Lengkapnya, Ada Hari Inovasi Indonesia hingga Hari Vegan Sedunia

Bagi umat Katolik, kematian adalah sebuah peristiwa puncak dalam kehidupan. Hidup tidak berakhir, namun hanya diubah.

Umat Katolik meyakini bahwa akan ada kehidupan abadi di surga sesudah kehidupan di dunia ini usai. Kematian adalah waktu mempercayakan diri secara keseluruhan kepada Kristus, kebangkitan dan kehidupan ketika perjumpaan abadi dengan-Nya, pokok pengharapan, yang mengantar kita pulang ke rumah Bapa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: