Hati-hati! Mengkonsumsi Cuka Apel Berlebihan Bisa Sebabkan Kerusakan Jaringan hingga koma, Ini Penjelasannya

Hati-hati! Mengkonsumsi Cuka Apel Berlebihan Bisa Sebabkan Kerusakan Jaringan hingga koma, Ini Penjelasannya

Ilustrasi. Efek samping mengkonsumsi cuka sari apel secara berlebihan.--(Sumber Foto: Web/hellosehat.com)

BETVNEWS - Cuka apel terkenal dengan segudang manfaat, kandungan yang dimiliki cuka apel dipercaya dapat membantu berbagai permasalahan kesehatan. Namun, penggunaan cuka apel yang berlebihan justru dapat menimbulkan berbagai efek samping untuk kesehatan.

Hal ini karena cuka apel mengandung asam asetat yang tinggi sehingga jika digunakan berlebihan dapat memicu berbagai penyakit seperti, mual, keram, darah rendah, bahkan kelumpuhan.

BACA JUGA:Selain Redakan Diare, Inilah 9 Manfaat Lain dari Daun Jambu Biji untuk Kesehatan, Yuk Buktikan Khasiatnya!

Melansir dari liputan6.com, penggunaan cuka apel berlebihan dapat menimbulkan efek samping berikut ini:

1. Kerusakan jaringan

Efek samping penggunaan cuka apel berlebihan yang pertama adalah dapat memicu terjadinya kerusakan jaringan. Hal ini karena cuka apel mengandung asam sitrat yang sangat tinggi, sehingga penggunaan cuka apel dalam bentuk tablet, diminum secara langsung, atau diaplikasikan ke kulit secara berlebihan dapat merusak kulit, kerongkongan, email gigi, dan lapisan perut.

BACA JUGA:Kaya Akan Vitamin dan Nutrisi Baik, Ini Sederet Manfaat Daun Bunga Kembang Sepatu untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

Oleh karena itu, untuk mencegah efek samping tersebut direkomendasikan menggunakan cuka apel dicampur dengan madu sehingga kandungan yang kuat tersebut dapat lebih netral.

2. Turunkan kadar kalium

Penggunaan cuka apel berlebihan juga dapat menyebabkan kadar kalium dalam darah rendah atau hipokalemia. Selain itu penggunaan cuka apel berlebian juga dapat memicu terjadinya mual, keram, anemia dan lainnya. 

BACA JUGA:Selain Indah, Bunga Kembang Sepatu Ampuh Redakan Peradangan hingga Cegah Infeksi, Cek di Sini Manfaat Lainnya

3. Masalah lambung

Efek samping mengkonsumsi sari cuka apel secara berlebihan selanjutnya adalah dapat menyebabkan masalah lambung, terlebih bagi yang memiliki penyakit asam lambung. Hal ini karena cuka apel memiliki rasa yang asam sehingga dapat memicu gangguan pencernaan, sesak, dan sakit perut bagi penderita asam lambung dan maag.

4. Rusak gigi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: