Jarang Diketahui! Ini 5 Manfaat Daun Kedondong untuk Kesehatan, Bisa Kurangi Infeksi pada Mulut, Cek di Sini!

Jarang Diketahui! Ini 5 Manfaat Daun Kedondong untuk Kesehatan, Bisa Kurangi Infeksi pada Mulut, Cek di Sini!

Ilustrasi. Cek Manfaat daun kedondong untuk kesehatan.--(Sumber Foto: Pinterest)

BETVNEWS - Beralih ke daun kedondong yang diketahui juga memiliki manfaat dalam kesehatan. Masih jarang ada yang mengetahui tentang khasiat dari daun buah satu ini.

Tidak hanya buahnya, daun kedondong juga memiliki kandungan seperti air, kalium, besi, kalsium, serat, vitamin C, riboflavin karoten total, dan lain-lain. Berkat dari kandungan tersebutlah daunnya baik untuk kesehatan tubuh.

BACA JUGA:Ampuh Menjaga Kesehatan Mata, Ini Manfaat Lain Buah Kedondong Berkulit Hijau dan Kaya Nutrisi, Cek di Sini!

Sebagaimana kedondong termasuk tanaman buah yang masih tergolong dalam suku mangga-manggaan atau anacardiaceae. Buah tersebut tumbuh dan banyak ditemukan di daerah tropis termasuk di Indonesia.

Tidak hanya untuk kesehatan, daun kedondong ini diketahui pula dapat dimanfaatkan untuk pelengkap masakan. Dengan memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya tidak diragukan lagi akan manfaatnya, berikut ulasannya dikutip dari laman katadata.

BACA JUGA:Cek Kandungan dan Manfaat Daun Jeruk Nipis Ini, Ampuh Sembuhkan Flu hingga Bikin Sehat Pencernaan

1. Kurangi terjadinya infeksi pada mulut

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa manfaat daun kedondong ini bisa menghambat Candica Albicans (mikroorganisme yang dapat mengakibatkan infeksi jaringan lunak di rongga mulut). Untuk bisa mengatasi hal tersebut, daun kedondong diyakini bisa menjadi alternatif untuk mengurangi infeksi pada mulut.

Dengan senyawa seperti saponin, polifenol, flavonoid, hingga steroid tersebut bisa membantu untuk menghambat pertumbuhan C. Albicans.

BACA JUGA:Sudah Coba? Daun Belimbing Wuluh Ini Kaya Nutrisi, Cukup Minum Rebusan Airnya, Ampuh Menjaga Kesehatan Tulang

2.Dapat mencegah penyakit jantung

Salah satu penyakit yang kerap kali terjadi pada seseorang adalah penyakit jantung. Lantas perlunya untuk mengonsumsi makanan ataupun minuman sehat agar bisa mencegah penyakitnya datang.

Misalnya dengan mengonsumsi daun kedondong, pasalnya daun ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol, berkat kandungan antioksidan di dalamnya sehingga dapat pula menghambat perkembangan penyakit jantung.

BACA JUGA:Selain Redakan Diare, Inilah 9 Manfaat Lain dari Daun Jambu Biji untuk Kesehatan, Yuk Buktikan Khasiatnya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: