Tidak Hanya Air Putih, Sederet Minuman Ini Ampuh Menjaga Ginjal Tetap Sehat, Apa Saja?

Tidak Hanya Air Putih, Sederet Minuman Ini Ampuh Menjaga Ginjal Tetap Sehat, Apa Saja?

Ilustrasi. Minuman yang baik untuk menjaga kesehatan ginjal.--(Sumber Foto: Pinterest)

BETVNEWS - Selain makanan, ada asupan minuman yang bisa membuat ginjal makin sehat. Tentunya tubuh membutuhkan cairan, seperti air putih yang menjadi kebutuhan setiap harinya.

Menjaga ginjal tetap sehat adalah keharusan, agar terhindar dari datangnya penyakit. Sebagaimana ginjal merupakan salah satu organ yang memiliki peran untuk membuang segala macam limbah sisa metabolisme tubuh.

BACA JUGA:Sudah Tahu Belum? Minum Air Putih Sebelum Tidur Punya Khasiat Luar Biasa untuk Kesehatan, Cek Manfaatnya

Lantas, organ ini juga perlu untuk dirawat dan didetoks atau dibersihkan, misalnya dengan mengonsumsi minuman atau makanan sehat untuk ginjal. Ada beberapa minuman selain air putih yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan ginjal. Berikut penjelasannya, dikutip dari berbagai sumber.

1. Air kelapa

Diketahui air kelapa sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal. Berkat kandungan yang ada di dalamnya seperti vitamin dan mineral, kalium, hingga beberapa nutrisi lainnya.

BACA JUGA:4 Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur, Salah Satunya Bantu Turunkan Berat Badan

Dengan nutrisi yang dimiliki, air kelapa ini bisa membantu dalam mencegah permasalahan ginjal, seperti pembentukan batu ginjal. Air tersebut bisa bekerja sangat efektif untuk menurunkan jumlah keratinin dalam tubuh.

Karatinin sendiri adalah senyawa kimia yang dibentuk menjadi hasil metabolisme otot dalam tubuh.

2. Air madu lemon

Selanjutnya ada minuman campuran seperti madu dan lemon yang diketahui dapat dikonsumsi sebagai minuman sehat. Minuman tersebut bisa menjadi alternatif agar ginjal dan jantung tetap sehat.

BACA JUGA:Belum Banyak yang Tahu! Membantu Atasi Batu Ginjal hingga Redakan Asam Urat, Ini 10 Manfaat Daun Meniran

Campuran minuman ini memiliki asa asam yang bercampur madu manis, tentu akan memberikan sensasi berbeda jika dikonsumsi. Kamu bisa mengonsumsinya secara rutin dengan tidak berlebihan.

Sebagaimana madu memiliki kandungan antioksidan yang bisa melindungi sel-sel jantung mengalami kerusakan sebab radikal bebas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: