14 November Memperingati Apa? Cek Daftar Peringatannya Disini, Ada Hari Diabetes Sedunia

14 November Memperingati Apa? Cek Daftar Peringatannya Disini, Ada Hari Diabetes Sedunia

14 November Memperingati Apa? Cek Daftar Peringatannya Disini, Ada Hari Diabetes Sedunia.--(Sumber Foto: Pexels)

BETVNEWS - Setiap tanggal di kalender memiliki peringatan yang dirayakan tiap tahunnya oleh sebagian orang atau kelompok tertentu. Termasuk pada tanggal 14 November.

Tahun ini, 14 November 2023 jatuh pada hari Selasa. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Diabetes Sedunia.

Peringatan ini pertama kali diadakan pada tahun 1991 oleh International Diabetes Foundation dan Organisasi Kesehatan Dunia. 

Selain Hari Diabetes Sedunia, tanggal 14 November juga diperingati sebagai Hari Brimob, Hari Anak Perempuan Internasional, dan Hari Perawat Ruang Operasi.

BACA JUGA:13 November Memperingati Apa? Cek Daftar Peringatannya Disini, Ada Hari Yatim Piatu Sedunia

Berikut daftar peringatan yang jatuh pada tanggal ini:

1. Hari Diabetes Sedunia

Hari Diabetes Sedunia diperingati setiap tanggal 14 November. Peringatan ini pertama kali ditetapkan pada tahun 1991 oleh International Diabetes Foundation dan Organisasi Kesehatan Dunia.

Hari ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap resiko penyakit diabetes. Peringatan ini sekaligus menjadi momen untuk mengajak seluruh masyarakat agar meningkatkan aktifitas guna mencegah peningkatan kasus diabetes.

Tanggal ini dipilih sebagai Hari Diabetes Sedunia karena bertepatan dengan hari lahir Frederick Banting, yang merupakan penemu insulin sebagai pengobatan diabetes pada tahun 1922 bersama dengan Charles Best.

BACA JUGA:12 November Memperingati Apa? Cek Daftarnya, Ada Hari Ayah Nasional hingga Hari Pneumonia Sedunia

Diabetes adalah penyakit kronis ketika pankreas tidak memproduksi cukup insulin, sehingga menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan yang serius. 

Diabetes diperkirakan sudah ada sekitar tahun 1550 SM. Keberhasilan ekstraksi dan penyuntikan insulin ke manusia ditemukan pada tahun 1922. 

Perbedaan antara tipe dua dan tipe satu dimulai sekitar tahun 1850, ketika para profesional medis pada saat itu percaya bahwa mereka cukup mengetahui perbedaan antara keduanya untuk menjamin adanya dua kategori. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: