Cek 6 Manfaat Teh Oolong untuk Kesehatan di Sini! Coba Rutinkan Minum Ini Auto Peforma Kerja Makin Meningkat

Cek 6 Manfaat Teh Oolong untuk Kesehatan di Sini! Coba Rutinkan Minum Ini Auto Peforma Kerja Makin Meningkat

Ilustrasi. Manfaat teh oolong untuk kesehatan.--(Sumber Foto: Pixabay)

BETVNEWS - Berbeda dengan teh pada umumnya, teh oolong diketahui termasuk sebagai teh tradisional yang berasal dari Cina Selatan dan Taiwan. Teh ini juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Pengolahan teh oolong melalui proses fermentasi, hal ini membuat tehnya memiliki warna gelap, dengan rasa pahit, dan aroma khas teh oolong sendiri. Selain itu, teh ini terbuat dari daun Camellia sinensis dengan menjemur di bawah sinar matahari dan membiarkannya teroksidasi sebagian.

BACA JUGA:Ampuh Redakan Nyeri Saat Haid, Ini Manfaat Lain Teh Bunga Chamomile untuk Kesehatan, Cek Kandungannya di Sini!

Teh oolong mengandung nutrisi seperti katekin yang baik sebagai antioksidan dan lebih tinggi dari teh hitam. Beberapa kandungan lainnya seperti epikatekin, terpineol, apigenine, beta-karoten, kafein, kalsium, fluorida, vitamin, mineral, hingga beberapa nutrisi lainnya.

Ada beragam jenis teh yang bisa dijumpai, termasuk teh oolong yang cukup populer di dunia. Meskipun dari tanaman yang sama dengan teh hijau, hanya saja teh oolong menggunakan proses yang berbeda.

Lantas apa saja manfaat teh oolong bagi kesehatan? Dilansir dari berbagai sumber, simak ulasan berikut.

BACA JUGA:Wow! Rutin Minum Teh Kulit Apel Bisa Terhindar dari 8 Penyakit Berbahaya Ini, Simak di Sini Cara Membuatnya

1. Dapat meningkatkan peforma kerja

Diketahui jika mengonsumsi teh oolong bisa membuat terjaga dan fokus. Hal ini berkat adanya kandungan kafein yang berperan untuk merangsang kerja sistem saraf pusat otak.

Tak hanya itu, kafein juga dapat meningkatkan kemampuan kecerdasan seperti pengambilan keputusan dan kreativitas. Sebuat studi terbitan IEEE Xplore menunjukkan bahwa jenis teh ini dapat menambah kemampuan dalam berpikir bagi lansia ketika membaca buku. Manfaat tersebut berasal dari kandungan gizi theanine.

BACA JUGA:7 Manfaat Teh Rooibos bagi Tubuh, Bebas Kafein dan Aman Dikonsumsi, Bisa Jadi Solusi Turunkan Berat Badan

2. Melindungi dari diabetes

Manfaat lain dari teh oolong adalah bisa melindungi dari diabetes, tak hanya itu teh tersebut juga bisa meningkatkan manajemen gula darah, lantas dengan begitu dapat terhindar dari diabetes tipe 2 yang lebih rendah.

Dipercaya teh oolong bisa menurukan glukosa plasma bagi penderita diabetes. Hal ini penting diketahui agar gangguan yang terjadi tersebut bisa dikontrol. Sehingga tidak ada salahnya untuk mengonsumsi teh oolong secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: