5 Grup Kesenian Unjuk Kebolehan, Heri Purwanto: Kuda Kepang Adalah Aset Bangsa Wajib Dilestarikan

5 Grup Kesenian Unjuk Kebolehan, Heri Purwanto: Kuda Kepang Adalah Aset Bangsa Wajib Dilestarikan

Heri Purwanto, Anggota DPRD Provinsi Bengkulu sukses menggelar Pagelaran Kuda Kepang dalam rangka HUT Provinsi Bengkulu ke-55. --(Sumber Foto: Tim/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Pagelaran Kuda Kepang yang digelar di Lapangan D Syandana 88 Desa Sumber Bening, Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong berlangsung dengan meriah kendati diguyur hujan, pada Minggu 26 November 2023. 

Masyarakat berbondong-bondong memadati lapangan untuk menyaksikan pagelaran. Bukan hanya itu saja, masyarakat juga membawa pulang doorprize menarik yang telah disediakan oleh panitia. 

Pagelaran ini diinisiasi oleh Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Heri Purwanto dalam rangka meriahkan HUT Provinsi Bengkulu ke-55.

Heri Purwanto yang merupakan tokoh masyarakat jawa bangga terhadap perkembangan kesenian kuda kepang di Rejang Lebong, yang dibuktikan penampilan 5 sanggar kuda kepang di Rejang Lebong.

Diantaranya New Sari Rukun Desa Sumber Bening, sanggar Lestari Budoyo 2808 Desa Mojorejo, sanggar Turonggo Jati Desa Sindang Jati, sanggar Talang Belitar dan sanggar Turonggo Dwi Mulyo Desa Air Meles Atas.

"Adalah aset bangsa yang sangat penting sehingga harus kita pelihara. Karena saat ini sudah banyak sekali budaya yang dimiliki kita diklaim oleh negara lain seperti contohnya batik. Maka dari itu, dengan dilaksanakan pagelaran kuda kepang ini adalah upaya pemerintah daerah dalam pelestarian budaya," kata Heri Purwanto.

BACA JUGA:Jaring Aspirasi Masyarakat, Heri Purwanto Terima Usulan Soal Pertanian

BACA JUGA:Pagelaran Campur Sari HUT Provinsi Bengkulu ke-55, Sukses Digelar di Rejang Lebong

Di sisi lain, hadir mewakili Gubernur Bengkulu, Kabid kebudayaan Dinas Dikbud Provinsi Bengkulu Adang Parlindungan, sekaligus membuka acara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: