Kota Bengkulu Raih Penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wiwerda Tahun 2023

Kota Bengkulu Raih Penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wiwerda Tahun 2023

Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu meraih penghargaan Swasti Saba Wiwerda tahun 2023, sebagai Kota Sehat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri RI) di Jakarta Selatan, pada Selasa 28 November 2023.--(Sumber Foto: Aap/BETV)

BETVNEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu meraih penghargaan Swasti Saba Wiwerda tahun 2023, sebagai Kota Sehat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri RI) di Jakarta Selatan, pada Selasa 28 November 2023.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Penjabat (PJ) Walikota Arif Gunadi, didampingi PJ Sekda Eka Rika Rino, Asisten I Eko Agusrianto, Kepala Bappenda Medy Pebriansyah, dan Plt Kepala Dinkes Joni Haryadi. 

BACA JUGA:Dempo Xler Sayangkan Randis Nunggak Pajak, Pemutihan Tidak Dimanfaatkan

Kepala Disominfo Kota Bengkulu Gita Gama menyampaikan, tahun 2023 ini Pemkot mendapatkan penghargaan Swasti Saba Wiwerda sebagai Kota Sehat. Menurutnya, ini merupakan suatu prestasi luar biasa yang ditorehkan Kota Bengkulu.

"Penghargaan Swasti Saba Wiwerda ini merupakan suatu prestasi yang luar biasa di akhir tahun 2023 yang ditorehkan oleh Bapak PJ walikota Arif Gunadi," ujarnya.

BACA JUGA:Kebakaran Hebat Selasa Malam, Hanguskan 1 Rumah dan 4 Ruko di Sawah Lebar Bengkulu

Dalam penghargaan tersebut, terdapat 9 komponen yang dinilai, yaitu tatanan kehidupan masyarakat sehat mandiri, pemukiman dan fasilitas umum, tatanan pasar, tatanan satuan pendidikan, tatanan pariwisata, transportasi dan tertib lalu lintas jalan, perkantoran dan perindustrian, perlindungan sosial, dan tatanan pencegahan serta penanganan bencana.

"Jadi, 9 komponen ini yang dinilai oleh pihak Kemendagri dan Kemenkes. Sehingga Kota Bengkulu menjadi satu-satunya daerah tingkat dua di Provinsi Bengkulu yang memperoleh penghargaan Swasti Saba Wiwerda tahun 2023," tambahnya.

BACA JUGA:Jonaidi SP Ajak Masyarakat Manfaatkan Program Pemutihan Pajak Kendaraan

Ia menyebut bahwa penghargaan ini bukan diraih atas kerja individu, namun karena sinergi dari semua unsur yang di Bengkulu. Pemkot mengucapkan terima kasih kepada semua steak holder terkait seperti unsur pemerintahan, masyarakat, serta aparat penegak hukum, yang telah bersinergi dalam mewujudkan Kota Bengkulu menjadi Kota Sehat.

BACA JUGA:VBK Bengkulu Berhasil Naik Podium di Ajang Bengkulu Race Championship Piala Gubernur 2023

Pihaknya juga mengimbau masyarakat agar selalu memperhatikan lingkungan agar senantiasa menjaga predikat Kota Sehat.

"Pemerintah Kota mengimbau kepada masyarakat Kota Bengkulu, agar sama-sama menjaga lingkungan dengan baik dan kondusif dalam menjaga kota sehat," tutupnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: