10 Desember Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya, Ada Hari Hak Asasi Manusia Sedunia

10 Desember Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya, Ada Hari Hak Asasi Manusia Sedunia

10 Desember Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya, Ada Hari Hak Asasi Manusia Sedunia.--(Sumber Foto: Pexels)

BETVNEWS - Setiap tanggal di kalender memiliki peringatan yang dirayakan setiap tahunnya oleh sebagian orang atau kelompok tertentu. Termasuk pada tanggal 10 Desember.

Tahun ini, 10 Desember 2023 jatuh pada hari Minggu. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia.

Peringatan ini diadakan untuk menetapkan standar hidup bersama bagi semua orang di seluruh dunia yang merupakan hak setiap orang, dan pada gilirannya mendorong semua negara anggota PBB untuk berupaya mencapai standar hidup bagi masyarakat di wilayah mereka masing-masing. 

BACA JUGA:9 Desember Memperingati Hari Pencegahan Genosida, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh pada Tanggal Ini

Selain Hari HAM Sedunia, tanggal 10 Desember juga memperingati Hari Hak Asasi Hewan Internasional, dan Hari Shareware Internasional.

Berikut daftar peringatan yang jatuh pada tanggal ini:

1. Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia

Setiap tanggal 10 Desember diperingati sebagai Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia. Peringatan ini diadakan untuk menetapkan standar hidup bersama bagi semua orang di seluruh dunia yang merupakan hak setiap orang, dan pada gilirannya mendorong semua negara anggota PBB untuk berupaya mencapai standar hidup bagi masyarakat di wilayah mereka masing-masing. 

BACA JUGA:8 Desember Memperingati Hari Brownies Nasional, Cek Resep Brownies Kukus Milo yang Lezat dan Mudah Dibuat

Hari Hak Asasi Manusia adalah hari peringatan pada tahun 1948 ketika Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa mengadopsi Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia.

Popularitas peringatan ini ditunjukkan oleh prangko peringatan yang dikeluarkan oleh Administrasi Pos Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 1952, yang menerima lebih dari 200.000 pesanan di muka. 

BACA JUGA:8 Desember Memperingati Hari Ibu di Panama, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh pada Tanggal Ini

2. Hari Hak Asasi Hewan Internasional

Tanggal 10 Desember juga diperingati sebagai Hari Hak Asasi Hewan Internasional. Bukan hanya manusia, hewan juga mempunyai hak untuk diperlakukan dengan hormat, dan pencegahan tindakan kekejaman terhadap mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: