Hati-Hati! Sederet Makanan Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Secara Bersamaan Karena Bisa Berdampak Buruk Pada Tubuh

Hati-Hati! Sederet Makanan Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Secara Bersamaan Karena Bisa Berdampak Buruk Pada Tubuh

Hati-hati! Sederet makanan ini tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan karena bisa berdampak buruk pada tubuh--(Sumber Foto: Pixabay)

BETVNEWS - Makan merupakan kebutuhan pokok bagi manusia, namun terdapat beberapa makanan atau minuman yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan karena akan menjadi racun yang berbahaya untuk tubuh. 

BACA JUGA:Berikut 10 Makanan dan Minuman Berkalsium Tinggi Baik untuk Kesehatan Tulang, Nomor 9 Bikin Kaget!

Kombinasi makanan dan minuman bisa jadi terasa sangat enak, namun terdapat bahaya mengintai saat kamu mengkonsumi makanan dan minuman yang tidak seharusnya dikombinasikan. 

Mengutip dari laman food.detik.com, Ayurveda menjelaskan bahwa dalam sebuah praktik medis India kuno, terdapat kombinasi makanan tertentu yang harus dihindari karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan, kembung, hingga keracaunan. 

BACA JUGA:Segar dan Gurih! Ini 5 Resep Simpel Makanan dan Minuman dari Buah Timun, Cocok Buat yang Mageran

Karena itu, kamu harus tahu jika beberapa makanan dan minuman berikut ini tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan. 

1. Kedelai dan Bayam

Kedelai yang mengandung kalsium tidak cocok dikonsumsi dengan bayam yang memiliki kandungan asam oksalat karena dapat menimbulkan reaksi. Reaksi yang ditimbulkan adalah endapan yang tidak dapat larut di dalam usus. 

2. Kedelai dan Daun Bawang

Kandungan kalsium yang ada di dalam kedelai juga tidak cocok dengan daun bawang karena daun bawang memiliki banyak kandungan asam oksalat. Apabila keduanya dikonsumsi secara bersamaan, keduanya akan berpengaruh pada penyerapan kalsium. 

BACA JUGA:Berikut 10 Makanan dan Minuman Berkalsium Tinggi Baik untuk Kesehatan Tulang, Nomor 9 Bikin Kaget!

Jika kedua makanan ini dikonsumsi secara bersamaan dalam jangka panjang, maka tubuh akan kekurangan kalsium dan dapat menyebabkan kejang, osteomalacia atau menurunnya kadar mineral tulang hingga patah tulang. 

3. Susu Kedelai dan Telur

Telur yang kaya akan protein berbanding terbalik dengan susu kedelai yang dapat mengurangi aktivitas dari enzim protease yang digunakan oleh tubuh untuk metabolisme protein. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: