5 Manfaat Daun Pisang untuk Kesehatan, Dipercaya Turunkan Risiko Keracunan Makanan, Cek Kandungannya!

5 Manfaat Daun Pisang untuk Kesehatan, Dipercaya Turunkan Risiko Keracunan Makanan, Cek Kandungannya!

Ilustrasi. Manfaat dan kandungan daun pisang untuk kesehatan.--(Sumber Foto: Pixabay)

BETVNEWS - Tidak hanya buah pisang, terdapat manfaat dari daun pisang untuk kesehatan. Salah satunya dapat menurunkan risiko keracunan.

Sebagaimana diketahui pisang menjadi buah yang cukup populer di Indonesia. Terlebih daunnya memiliki sejumlah manfaat yang dapat digunakan atau hanya sebagai alas makanan yang aman.

BACA JUGA:Kamu Harus Tahu! Ini 8 Manfaat Buah Pisang bagi Kesehatan, Dipercaya Ampuh Mencegah Tukak Lambung

Umumnya daun pisang tersebut dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan atau pelapis untuk makanan. Namun ternyata tidak hanya itu saja, ekstrak daun ini memiliki khasiat dalam pengobatan daan masih banyak yang belum tahu akan hal ini.

Dikatakan daun multi fungsi, selain sebagai alas atau pembungkus daun inni dapat juga digunakan untuk kecantikan. Lantas daun pisang memiliki kandungan apa saja? simak ulasan berikut.

BACA JUGA:Kaya Vitamin dan Kandungan Baik, Ini 7 Manfaat Madu untuk Wajah, Bikin Glowing hingga Hilangkan Flek Hitam

Dilansir dari hellosehat, daun ini mengandung beberapa nutrisi seperti alpha-keto-glutaric-acid, beta-sitosterol, kalsium, karbohidrat, glutaric acid, glyceric acid, glycolic acid, glyoxlic-acid, lemak, hingga serat.

Tidak hanya itu, daun tersebut juga memiliki kandungan malonic-acid, lignin, eugenol, phytol, polifenol, flavonoid, alkaloid, oxalic-acid, fosfor, anthraquinone, protein terpenoid, tanin,  saponin, cardiac glycosides, pyruvic-acid, shikimic-acid, dan succinic-acid.

Selain mengatahui kandungan, berikut ini ada beberapa manfaatnya untuk kesehatan.

BACA JUGA:Cek Kandungan dan 7 Manfaat Kentang Ini, Tidak Hanya Untuk Kesehatan, Tapi Juga Untuk Kecantikan

5 manfaat daun pisang untuk kesehatan

1. Dapat turunkan risiko keracunan

Manfaat yang bisa dirasakan dari daun pisang ini salah satunya adalah bisa menurunkan risiko keracunan pada makanan.

Sebab kandungan antibakteri di dalamnya, sebuah studi menunjukkan bahwa kandungan pada daun pisang seperti polifenol berpotensi dapat menghambat bakteri pemicu akibat keracunan makanan, misalnya Staphylococcus aureus, Streptococcus faecalis, Escherichia coli, dan Salmonella.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: