Dispendikbud Seluma Dapat DAK 2024 Sebesar Rp27 Miliar, Turun dari Tahun Sebelumnya

Dispendikbud Seluma Dapat DAK 2024 Sebesar Rp27 Miliar, Turun dari Tahun Sebelumnya

Kepala Bidang (Kabid) SMP, Joni Faizal saat membenarkan Dispendikbud Seluma dapat DAK 2024 sebesar Rp27 miliar.--(Sumber Foto: Wisnu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Kabupaten Seluma kembali mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik di tahun 2024 ini. Hanya saja bila dibandingkan tahun 2023 lalu, Dana tersebut mengalami penurunan.

BACA JUGA:Gempa Besar Mengguncang Jepang Lagi! Berskala Magnitudo 7,6 dan Berpotensi Tsunami

Kepala Bidang (Kabid) SMP, Joni Faizal membenarkan hal tersebut. Ia menuturkan bahwa dana DAK fisik 2024 yang diterima oleh Dispendikbud Seluma sebesar Rp27 miliar lebih. Dengan rincian untuk bidang SMP sebesar Rp15 miliar lebih dan untuk SD serta PAUD sebesar Rp11 miliar rupiah lebih.

"Untuk SMP di 2024 ini kita dapat sebesar Rp15 miliar lebih dan SD serta PAUD sebesar 11 miliar lebih," ucap Joni Faizal, Kabid SMP, Selasa 2 Januari 2024.

BACA JUGA:Pantau Objek Wisata Pantai Panjang, Basarnas Bengkulu Siaga

Ia menyebut pada tahun 2023 lalu, pihaknya mendapatkan dana DAK Fisik sebesar 40 miliar lebih. Dengan demikian, di tahun 2024 ini dana tersebut mengalami penurunan.

"Kalau untuk dana DAK fisik Dispendikbud, di 2024 ini kita mengalami penurunan dibanding 2023. Karena kalau di 2023, kita mendapatkan dana DAK ini sebesar 40 milyar lebih," tambahnya.

BACA JUGA:Tarif Masuk Pantai Cemoro Sewu di Seluma Tuai Polemik, Rp15 Ribu per Orang

Lebih lanjut Joni juga menerangkan, saat ini dana DAK tersebut tengah dalam proses menunggu juknis dan DPA APBD 2024. Maka bila tidak ada kendala, dana tersebut nantinya akan digunakan untuk perehaban dan pembangunan gedung sekolah SD, SMP dan PAUD.

BACA JUGA:Gubernur Beri Catatan Penyaluran BBM Subsidi Selama 2023

"Rencananya dana DAK ini akan kita salurkan untuk perehaban dan pembangunan gedung SMP, SD dan PAUD sebanyak 27 kegiatan. Baik untuk ruang perpus, UKS dan lain hal. Degan rincian kemungkinan untuk SMP sebanyak 11 Sekolah dan sisanya untuk SD dan PAUD," pungkasnya.

Sebagai informasi, DAK 2024 ini mengalami penurunan karena banyaknya data Dapodik sekolah yang tidak valid. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: