7 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan, Dipercaya Ampuh Turunkan Peradangan, Cek Kandungannya

7 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan, Dipercaya Ampuh Turunkan Peradangan, Cek Kandungannya

Ilustrasi. Manfaat dan kandungan buah semangka untuk kesehatan.--(Sumber Foto: Pixabay)

BETVNEWS - Terdapat sejumlah manfaat dari buah semangka yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya dipercaya ampuh menurunkan peradangan.

Selain memiliki rasa manis, buah semangka cukup digemari khususnya oleh masyarakah Indonesia. Tidak hanya disajikan sebagai camilan, buah ini akan mudah ditemukan dalam suatu acara atau kegiatan.

Dengan nama latin Citrullus lanatus, buah yang kaya nutrisi ini diketahui berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan.

BACA JUGA:Baik untuk Penderita Diabetes! Berikut 10 Manfaat Timun Bagi Kesehatan, Punya Kandungan Vitamin Berikut

Buah semangka sendiri memiliki kulit yang keras dengan perpaduan warna hijau pekat atau hijau muda dan larik-larik hijau tua. Sesuai dengan jenis buahnya, terdapat daging berwarna merah ataupun kuning.

Bahkan umumnya semangka itu memiliki biji, ada pula semangka yang tidak ada bijinya. Tak heran jika saat mengingat buah itu ternyata mengandung banyak cairan dan juga vitamin.

Buah ini termasuk rendah kalori dan memiliki nutrisi yang tinggi, sehingga sangat baik dikonsumsi bagi tubuh dan mampu menjaga tubuh tetap sehat.

BACA JUGA:Jadi Simbol Palestina, Ternyata Semangka Juga Bisa Diolah Jadi Minuman Segar, Cek Resep Es Semangka Susu

Fakta mengatakan bahwa satu gelas semangka mengandung 46 kalori. Buah ini menyediakan 20 persen vitamin C dan 17 persen vitamin A. Lantas apa saja manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh? Dapat simak ulasang berikut, dikutip dari laman klikdokter.

1. Ampuh menurunkan peradangan

Salah satu penyebab munculnya berbagai penyakit kronis adalah peradangan. Hal ini tentu perlu untuk dicegah agar tidak semakin parah.

Kamu dapat memanfaatkan buah semangka untuk membantun menurunkan peradangan dalam tubuh. Berkat kandungan yang ada di dalamnya seperti zat antioksidan yang tinggi yakni likopen dan vitamin C.

BACA JUGA:Jadi Simbol Palestina! Ini Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil, Ampuh Mengatasi Morning Sickness, Apa Itu?

Keduan kandungan tersebut berperan penting untuk mencegah stres oksidatif dan mnenurunkan peradangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: