Gak Cuma Baik untuk Kesehatan, Ini 5 Manfaat Daun Kedondong, Dapat Mengempukkan Daging

Gak Cuma Baik untuk Kesehatan, Ini 5 Manfaat Daun Kedondong, Dapat Mengempukkan Daging

Ilustrasi. Manfaat dan kandungan daun kedondong untuk kesehatan.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Tidak hanya buahnya, daun kedondong juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Selain kesehatan, daun ini ternyata dapat mengempukkan daging.

Masih jarang diketahui tentang khasiat dari daun buah satu ini. Selain itu daun kedondong juga memiliki kandungan seperti air, kalium, besi, kalsium, serat, vitamin C, riboflavin karoten total, dan lain-lain. 

BACA JUGA:Sudah Tahu? Inilah Sederet Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Berkat kandungan tersebutlah daunnya baik untuk kesehatan tubuh dan bisa dimanfaatkan untuk mengempukkan daging.

Buah tersebut tumbuh dan banyak ditemukan di daerah tropis termasuk di Indonesia. Sebagaimana kedondong termasuk tanaman buah yang masih tergolong dalam suku mangga-manggaan atau anacardiaceae.

Dengan memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya tidak diragukan lagi akan manfaatnya, berikut ulasannya dikutip dari laman katadata.

BACA JUGA: Ini 6 Manfaat Bunga Kembang Sepatu untuk Rambut, Bikin Lebat dan Kuat dari Akar, Wanita Wajib Coba!

1. Dapat mengempukkan daging

Manfaat dari daun kedondong yakni bisa mengempukkan daging dan mampu membantu proses membuat masakan menjadi lezat. Kamu bisa menggunakan daunnya dengan dimasak bersama daging.

Cukup mudah dengan merebus daun bersama daging, daun kedondong ini akan mengeluarkan zat asam seperti serat. Sehingga bisa membuatnya menjadi terasa lebih lembut dan empuk.

BACA JUGA:7 Manfaat Telur Rebus untuk Kesehatan, Bagus Dikonsumsi Penderita Kolesterol hingga Ibu Hamil

2. Kurangi terjadinya infeksi pada mulut

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa manfaat daun kedondong ini bisa menghambat Candica Albicans (mikroorganisme yang dapat mengakibatkan infeksi jaringan lunak di rongga mulut). Untuk bisa mengatasi hal tersebut, daun kedondong diyakini bisa menjadi alternatif untuk mengurangi infeksi pada mulut.

Dengan senyawa seperti saponin, polifenol, flavonoid, hingga steroid tersebut bisa membantu untuk menghambat pertumbuhan C. Albicans.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: