4 Tips Menabung untuk Ibu Rumah Tangga, Paling Cocok untuk Kamu yang Sulit Mengatur Keuangan

4 Tips Menabung untuk Ibu Rumah Tangga, Paling Cocok untuk Kamu yang Sulit Mengatur Keuangan

Ilustrasi tips menabung untuk ibu rumah tangga yang bisa kamu terapkan bagi kamu yang kesulitan mengatur keuangan. --(Sumber Foto: Pexels/Cottonbro Studio)

BETVNEWS - Tips menabung bagi ibu rumah tangga menjadi salah satu informasi penting untuk setiap wanita yang sudah berumah tangga, agar tujuan keuangan dapat terwujud. 

Menabung pada dasarnya adalah menyisihkan pendapatan untuk persiapan kebutuhan di masa mendatang. Namun ternyata masih banyak orang yang gagal saat mengumpulkan tabungan. Terlebih bagi ibu rumah tangga, yang kerap kali kesulitan mengatur keuangan keluarga dan pribadi. 

Oleh sebab itu, tips menabung untuk ibu rumah tangga menjadi hal yang penting diketahui. Mengingat salah satu manfaat menabung adalah dapat meningkatkan taraf hidup seseorang. Selain itu, memiliki tabungan yang cukup juga menjadi salah satu proses menuju kebebasan finansial. 

BACA JUGA:Biar Tabungan Terkumpul, Ini 4 Mitos Menabung yang Perlu Dihindari

Sayangnya, banyak ibu rumah tangga merasa sulit untuk mempraktikkan kebiasaan ini, bahkan ketika mereka mengetahui bagaimana teori menabung tersebut.

Untuk itu, bagi kamu ibu rumah tangga yang kesulitan mengatur keuangan, mungkin tertarik untuk mengadopsi pendekatan menabung ala orang Jepang

Para ibu rumah tangga di Jepang sering menggunakan teknik pengelolaan keuangan yang dikenal sebagai metode kakeibo.

Metode ini diperkenalkan pertama kali oleh seorang jurnalis bernama Makoto Hani pada tahun 1994.

BACA JUGA:Praktis Banget! Berikut Cara Investasi Melalui Layanan Tabungan Emas di Pegadaian, Cek Syaratnya di Sini

Kemudian pada tahun 2017, Fumiko Chiba membuat sebuah buku yang berjudul "Kakeibo: Seni Menyimpan Uang Jepang". Sehingga metode ini kembali populer di kalangan masyarakat, terutama untuk wanita yang sudah berkeluarga. 

Namun, untuk kamu para pria maupun wanita, baik yang sudah berkeluarga maupun belum, bisa juga mencoba metode menabung ala orang Jepang ini. 

Kakeibo sendiri berarti catatan keuangan rumah tangga. Teknik menabung kakeibo ini mengutamakan pencatatan dan perencanaan keuangan dalam lingkup rumah tangga.

BACA JUGA:Kebutuhan Mendadak Makin Banyak, Begini 3 Cara Mudah Menambah Tabungan Darurat!

Berikut 4 tips menabung untuk ibu rumah tangga yang dapat kamu terapkan dengan menggunakan metode kakeibo:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: