26 Januari Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Pabean Internasional

26 Januari Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Pabean Internasional

Lalu tanggal ini memperingati hari apa? Tahun ini, 26 Januari 2024 jatuh pada hari Jumat. Tanggal ini memperingati Hari Pabean Internasional.--(Sumber Foto: Tom/Pexels)

BETVNEWS - Hampir setiap tanggal memiliki perayaan yang diperingati setiap tahunnya, termasuk pada 26 Januari. Lalu tanggal ini memperingati hari apa?

Tahun ini, 26 Januari 2024 jatuh pada hari Jumat. Tanggal ini memperingati Hari Pabean Internasional.

Peringatan ini diadakan untuk merayakan semua pejabat dan lembaga bea cukai yang bekerja keras hari demi hari untuk memastikan manajemen perdagangan dunia yang efektif. 

Selain itu, ada beberapa perayaan lain yang ada di tanggal ini.

BACA JUGA:25 Januari Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Gizi Nasional

Berikut daftar peringatan yang jatuh pada tanggal 26 Januari:

1. Hari Pabean Internasional

Setiap tanggal 26 Januari diperingati sebagai Hari Pabean Internasional. Peringatan ini diadakan untuk merayakan semua pejabat dan lembaga bea cukai yang bekerja keras hari demi hari untuk memastikan manajemen perdagangan dunia yang efektif. 

Perayaan ini diprakarsai oleh Organisasi Kepabeanan Dunia (WCO) pada tahun 1983.

Organisasi Kepabeanan Dunia (WCO) adalah organisasi antar pemerintah yang mengawasi berbagai administrasi kepabeanan yang terkait dengan perdagangan internasional.

BACA JUGA:24 Januari Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Pendidikan Internasional

Pada tahun 1948, Komite Kerjasama Ekonomi Eropa membentuk kelompok studi yang disebut European Customs Union Study Group (ECUSG) untuk meneliti kemungkinan pembentukan satu atau lebih serikat pabean antar-Eropa. 

Hal ini menyebabkan terbentuknya Dewan Kerjasama Kepabeanan (CCC) pada tahun 1952 untuk meningkatkan efisiensi administrasi kepabeanan di seluruh dunia. 

Pada tanggal 26 Januari 1953, sidang perdana CCC berlangsung, dan 17 anggota pendiri ikut serta. Organisasi ini menciptakan Hari Pabean Internasional pada tahun 1983.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: