Baru 409 CJH Lunasi Bipih, Berikut Persiapan Ibadah Haji 2024 di Provinsi Bengkulu

Baru 409 CJH Lunasi Bipih, Berikut Persiapan Ibadah Haji 2024 di Provinsi Bengkulu

Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Dr. H. Intihan, M.H,.--(Sumber Foto: Ilham/BETV)

Sementara itu, Penanggung Jawab (PJ) Program Haji Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, H. Kurniawan Arianto, SKM, MPA, menjelaskan, dari hasi proses pemeriksaan kesehatan ada dua CJH yang tidak memenuhi istitaah. Satu orang usai melakukan pemeriksaan kesehatan, bakteri tahan asam (BTA) positif atau terindikasi tuberkulosis (TB). 

Yakni, CJH 73 tahun, berjenis klamin perempuan berasal dari Lingkar Timur, Kota Bengkulu. Sementara satu orangnya lagi, mengalami fraktur tungkai dengan komplikasi patah pulang bagian kaki. CJH usia 80 tahun, berasal dari Kota Bengkulu.

BACA JUGA:Kejaksaan Tinggi Bengkulu Dukung Uji Kompetensi Wartawan, Kapasitas Wartawan Harus Ditingkatkan

"Hasul pemeriksaan kesehatan keduanya tidak bisa ditawar lagi. Artinya, belum bisa berangkat pada musim haji 2024 ini," tuturnya.

Hasil analisasi dokter, kata Kurniawan, untuk yang mengalami patah tulang. Setidaknya memerlukan waktu istirahat sekitar 6 bulan, sehingga dipastikan akan ditunda berangkat dan baru bisa tahun 2025 mendatang. Sementara, untuk yang mengalami TBA positif tersebut, tahun depan kembali dilakukan pemerinsan. 

"Jika penyakit yang alami batal dan tidak memungkinkan untuk betangkat maka tidak ada toleransi karena akan membahayakan CJH itu sendiri," jelasnya.

BACA JUGA:Masyarakat Rembuk Rakyat Bengkulu Menolak Keras Pemimpin Perusak Lingkungan

Lebih jauh, Kurniawan menuturkan dari 1.636 CJH Provinsi Bengkulu, saat ini sudah terentiri di Siskohatkes sebanyak 1.084 orang. Artinya, proses penginputan tersebut sudah mencapai 70-80 persen. 

Sementara itu, jika belum selesai atau sedang dalam proses penginputan melalui Siskohatkes, CJH belum bisa melakukan pelunasan. Sebab, belum mengantingi istitaah kesehatan. Sementara istitaah kesehatan merupakan syarat mutlak dalam melakukan pelunasan haji ditahun 2024 ini.

"Target kita di akhir Januari ini, ditanggal 31 sudah harapkan 85 persen CJH bisa sudah terinput di sistem," katanya.

BACA JUGA:Honda Jazz Kecelakaan di Tol Bengkulu-Taba Penanjung, 1 Orang Meninggal Dunia

Dari 10 kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu, terdapat dua kabupaten yang masih belum melakukan penginputan melalui Siskohatkes yakni Kabupaten Bengkulu Tengah dan Kabupaten Lebong. 

"Memang dua kabupaten yang masih nol. Itu karena hasil pemeriksaan kabupaten baru keluar Senin-Selasa kemarin. Sementara item yang harus dilengkapi itu banyak, ada 10 tahapan," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: