Sering Pilek? Mungkin Kamu Mengidap Penyakit Sinusitis, Kenali Gejala Lain dan Penyebabnya di Sini!

Sering Pilek? Mungkin Kamu Mengidap Penyakit Sinusitis, Kenali Gejala Lain dan Penyebabnya di Sini!

Sering pilek? Mungkin kamu mengidap penyakit sinusitis, kenali gejala lain dan penyebabnya di sini!--(Sumber Foto: iStockPhoto)

BETVNEWS - Sinusitis merupakan masalah saluran pernapasan seperti peradangan pada jaringan selaput sinus yang ada di sekitar tulang wajah.

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Ini Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Dapat Cegah Serangan Jantung hingga Sinusitis

Sinus sendiri merupakan rongga kecil berisi udara dan terletak pada struktur tulang wajah. Pada pengidap gangguan sinusitis, penyakit ini mengakibatkan lendir tipis mengalir keluar dari saluran hidung.

Sinus dapat tersumbat oleh cairan sehingga bakteri tumbuh dan mengakibatkan infeksi. Meski demikian, penyakit ini menjadi salah satu penyakit pernapasan yang paling umum terjadi pada masyarakat, terutama yang tinggal di wilayah dingin. 

Saat terjadi infeksi pada sinus, maka rongga ini akan terisi lendir dan mengakibatkan pembengkakan pada selaput lendir sehingga mengakibatkan sumbatan. 

BACA JUGA:Kerap Disamakan, Kenali Perbedaan Gejala Sinusitis dan Flu Biasa

Sinusitis ini bukan penyakit yang berbahaya, namun dapat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari sehingga banyak orang yang mencari cara untuk mengobati sinusitis dengan alami dan cepat. 

Untuk kamu yang mengalami masalah serupa, BETV telah merangku informasi cara mengobati sinusitis untuk kamu simak dalam artikel di bawah ini. 

BACA JUGA:Penyebab dan Gejala Sinustis Akut Seperti yang Diderita Ashanty

Penyebab Sinusitis

Mengutip laman halodoc.com, sinusitis merupakan peradangan atau pembengkakan pada jaringan yang melapisi sinus atau dinding sinus. 

Sinusitis ini biasanya disebabkan oleh virus, bakteri, atau jamur yang mengakibatkan sumbatan serta pembengkakan pada sinus. 

BACA JUGA:Ampuh Meredakan Flu, Coba Konsumsi Makanan dan Minuman Ini! Kesehatanmu Dijamin Pulih

Selain disebabkan oleh virus, terdapat juga beberapa penyebab umum untuk kondisi kronis yaitu :

  • Polip hidup, kondisi ini terjadi karena pertumbuhan jaringan di dalam hidung yang dapat menyumbat saluran hidung atau sinus
  • Deviasi septum hidung, hal ini diakibatkan septum (dinding antara lubang hidung) bengkok sehingga menyumbat saluran sinus sehingga dapat memperparah gejala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: