Jangan Sepelekan! Inilah Sederet Bahaya Dehidrasi pada Tubuh, Dapat Sebabkan Kejang hingga Gangguan Ginjal

Jangan Sepelekan! Inilah Sederet Bahaya Dehidrasi pada Tubuh, Dapat Sebabkan Kejang hingga Gangguan Ginjal

Jangan sepelekan! Inilah sederet bahaya dehidrasi pada tubuh, dapat sebabkan kejang hingga gangguan ginjal--(Sumber Foto : iStockPhoto)

BETVNEWS - Dehidrasi merupakan suatu kondisi yang muncul saat tubuh kehilangan cairan dan kebutuhan cairan tubuh tidak terpenuhi. 

BACA JUGA:Jangan Sampai Dehidrasi! Coba Konsumsi 5 Minuman Segar ini, Tanpa Tambahan Gula Baik untuk Kesehatan Kamu

Melansir dari laman halodoc.com, dehidrasi diketahui dapat mengakibatkan keseimbangan zat gula dan garam di dalam tubuh mejadi terganggu sehingga tubuh tidak dapat berfungsi secara normal. 

Di dalam tubuh manusia normal semestinya terdapat lebih dari 60 persen air dari total berat badan untuk dapat membantu sistem-sistem tubuh bergerak secara normal. 

Dehidrasi seringkali tidak dianggap sebagai penyakit serius padahal masalah ini dapat menimbulkan masalah-masalah kesehatan yang lain apabila tidak segera ditangani. 

BACA JUGA:10 Manfaat Buah Timun untuk Kesehatan, Ampuh Cegah Dehidrasi hingga Obati Mata Bengkak, Cek Kandungannya!

Efek samping dari dehidrasi ini dapat terjadi dalam skala ringan seperti cepat merasa lelah hingga merasa sakit kepala. Namun jika dehidrasi ini telah sampai pada tahap berat, maka dapat menimbulkan maslah lain seperti sesak napas hingga penurunan kesadaran. 

Adapun masalah kesehatan lain yang dapat terjadi akibat dehidrasi dapat kamu simak dalam artikel berikut. 

BACA JUGA:5 Jenis Minuman Sehat Ini Dapat Mencegah Dehidrasi Saat Puasa

Bahaya Dehidrasi pada Tubuh

1. Kejang

Mengutip laman hellosehat.com, saat kekurangan air maka keseimbangan kadar elektrolit seperti kalium dan natrium di dalam tubuh akan terganggu. 

Padahal kedua mineral ini adalah mineral yang membantu memberikan sinyal listrik ke sel-sel tubuh untuk membantu pergerakan otot. 

BACA JUGA:Jarang Disadari, Ini 5 Tanda Tubuh Sedang Mengalami Dehidrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: