Kamu Perlu Tahu! Ini 4 Manfaat Puasa untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Menjaga Jantung

Kamu Perlu Tahu! Ini 4 Manfaat Puasa untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Menjaga Jantung

Ilustrasi. Manfaat puasa untuk kesehatan.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Ada sejumlah manfaat puasa yang baik untuk kesehatan, termasuk dapat menjaga jantung. Kabar baik bagi kamu yang kerap kali melakukan ibadah satu ini, tidak hanya dilakukan saat jelang bulan Ramadhan kamu dapat menjalankannya sebagai puasa sunnah.

Dalam Islam, puasa Ramadhan adalah kewajiban bagi umat Muslim untuk menjalankannya. Dengan meniatkan puasa semata-mata hanya karena Allah SWT.

BACA JUGA:Bukan Hanya Ibadah, Ternyata Puasa Punya Banyak Manfaat untuk Psikologis dan Kesehatan Tubuh

Puasa tidak akan membuat seseorang sakit bahkan dapat membuat tubuh menjadi sehat. Tentunya dengan mengonsumsi makanan yang dianjurkan dan menjaga kesehatan adalah hal yang penting.

Sebagaimana diketahui, puasa adalah ibadah yang dijalani tanpa makan maupun minum dan tiba waktunya untuk berbuka. Dengan tetap menjaga pola makan dan melakukan kegiatan yang positif tentu akan berpengaruh bagi tubuh.

BACA JUGA:Manfaat Puasa Asyura, Ibadah Sunnah yang Bisa Hapus Dosa Setahun yang Lalu

Lantas apa saja manfaat puasa untuk kesehatan? Dilansir dari laman alodokter, simak ulasan berikut.

1. Jaga kesehatan jantung

Beberapa riset menyebutkan bahwa orang yang rutin berpuasa selama 1 bulan penuh, akan punya risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, kolestetrol tinggi, bahkan tekanan darah tinggi, daripada orang yang tidak menjalankan puasa.

Diketahui orang yang berpuasa dapat mengatur pola makannya secara lebih sehat. Biasanya, selama berpuasa beberapa orang akan merubah pola makan menjadi lebih sehat, termasuk mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak.

BACA JUGA:Kisah Sahabat Nabi Muhammad SAW yang Pingsan Saat Puasa, hingga Turun Surah Al Baqarah Ayat 187!

Tak hanya itu, kamu juga dapat mengonsumsi teh secara rutin, diketahui minuman tersebut mengandung flavonoid baik untuk kesehatan.

Konsumsi jenis makanan atau minuman dengan kandungan flavonoid, seperti teh dipercaya dapat mencegah naiknya kadar lemak darah (kolesterol), menurunkan risiko terjadinya diabetes, hingga membantu melancarkan peredaran darah.

BACA JUGA:Penting! Ini 3 Puasa Sunah yang Bisa Dilaksanakan Sebelum Idul Adha Beserta Niat dan Keutamaannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: