Kamu Perlu Tahu! Ini 4 Manfaat Puasa untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Menjaga Jantung

Kamu Perlu Tahu! Ini 4 Manfaat Puasa untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Menjaga Jantung

Ilustrasi. Manfaat puasa untuk kesehatan.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

2. Menurunkan berat badan

Dalam kesehatan, berpuasa dapat menurunkan berat badan. Terlebih sangat membantu menjaga berat badan ideal.

Sebuah penelitian, mengatakan bahwa puasa juga meningkatkan metabolisme tubuh, dengan begitu akan ada peningkatan dalam pembakaran kalori dan lemak pada tubuh.

Sehingga, hal tersebut dapat membuat berat badan menurun. Kamu pun akan terhindar dari adanya risiko obesitas. Untuk itu, kamu perlu mengurangi konsumsi makanan secara berlebihan supaya tetap dalam porsi aman.

BACA JUGA:Kisah Abu Thalhah yang Jasadnya Utuh Karena Rajin Berpuasa, Salah Satu Sahabat Nabi

3. Mengurangi risiko kanker

Dalam penelitian pada hewan membuktikan bahwa dengan puasa bisa bermanfaat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.  Diketahui selama puasa, kecepatan pembelahan sel dalam tubuh, termasuk juga sel-sel kanker, akan mengalami kekurangan sebab terbatasnya asupan nutrisi.

Tak hanya itu, diketahui metabolisme yang lebih baik, turut berperan guna membuat sel kanker sulit tumbuh terhadap orang yang berpuasa.

Walau demikian, manfaat puasa satu ini masih harus diteliti lebih lanjut. Untuk mencegah kanker, kamu dianjurkan dapat menjalani gaya hidup sehat, misalnya konsumsi makanan bergizi dan seimbang, beristirahat cukup, rutin lakukan berolahraga, kurangi stres, hingga tidak merokok dan jauhi minuman dengan alkohol.

BACA JUGA:Panduan Lengkap Niat dan Tata Cara Puasa Syawal yang Bisa Dimulai Hari Ini

4. Menjaga kesehatan mental

Manfaat lainnya, bahwa kesehatan mental juga penting untuk dijaga, bukan hanya kesehatan fisik saja. Diketahui, puasa tersebut bisa membantu mengurangi kadar hormon stress maupun kortisol serta merangsang hormon endorfin secara baik dan guna menghilangkan rasa cemas.

Hal itu diduga berkenaan dengan efek puasa yang bisa memperbaiki metabolisme tubuh. Kemudian, puasa juga bisa membuat seseorang merasa lebih dekat dengan Yang Maha Kuasa. 

Sehingga, dapat membuat perasaan dan suasana batin dapat menjadi lebih tenang, sehingga pikiran akan lebih jernih.

BACA JUGA:Penentuan Puasa Ramadan dan Idul Fitri 2023, Ini Penjelasan Ustadz Abdul Somad!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: