Kisah Abu Thalhah yang Jasadnya Utuh Karena Rajin Berpuasa, Salah Satu Sahabat Nabi

Kisah Abu Thalhah yang Jasadnya Utuh Karena Rajin Berpuasa, Salah Satu Sahabat Nabi

Gambar Hanya Ilustrasi.--(Sumber Foto: NU Online Jatim)

BETVNEWS - Nabi Muhammad SAW memiliki 10 sahabat yang dikenal sebagai Ashra Mubashra lantaran mereka masuk ke dalam surga.

 

Salah satu sahabat nabi yang dijanjikan masuk surga ialah Abu Thalhah dikenal selalu menjalankan ibadah puasa dan berjihad.

 

Saat meninggal dunia, ia bahkan sedang dalam kondisi berpuasa jasadnya bahkan disebut tetap utuh meski dalam waktu yang lama.

 

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda mengenai sahabat-sahabatnya yang dijanjikan masuk ke dalam surga:

 

‎عَنْ عَبْد الرَّحْمَنِ بْن عَوْفٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَبُو بَكْرٍ فِي الْجَنَّةِ وَعُمَرُ فِي الْجَنَّةِ وَعُثْمَانُ فِي الْجَنَّةِ وَعَلِيٌّ فِي الْجَنَّةِ وَطَلْحَةُ فِي الْجَنَّةِ وَالزُّبَيْرُ فِي الْجَنَّةِ وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَوْفٍ فِي الْجَنَّةِ وَسَعْدٌ فِي الْجَنَّةِ وَسَعِيدٌ فِي الْجَنَّةِ وَأَبُو عُبَيْدَةَ بْنُ الْجَرَّاحِ فِي الْجَنَّةِ . رواه الترمذي

 

"Abu Bakar di surga, Umar di surga, Utsman di surga, Ali di surga, Thalhah di surga, Az-Zubair di surga, 'Abdur-Rahman bin 'Auf di surga, Sa'ad bin Abī Waqqās di surga, Sa'id bin Zaid di surga, Abu Ubaidah bin al-Jarrah di surga"  (HR. Ahmad, Tirmidzi dan An-Nasai). [HR Tirmidzi]

 

Sepeninggal Rasulullah, Abu Thalhah masih menjalani hidup selama kurang lebih 30 tahun.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: