Mudah dan Efektif! Lakukan 5 Tips Menabung untuk Pelajar Ini dan Kelola Keuangan dari Sekarang

Mudah dan Efektif! Lakukan 5 Tips Menabung untuk Pelajar Ini dan Kelola Keuangan dari Sekarang

Mudah dan efektif! Lakukan 5 tips menabung untuk pelajar ini dan kelola keuangan dari sekarang --(Sumber Foto : iStockPhoto)

Berapapun jumlahnya, uang tersebut akan terkumpul dan semakin banyak dikemudian hari sehingga hal ini perlu diterapkan dengan rajin. 

BACA JUGA:Biar Tabungan Terkumpul, Ini 4 Mitos Menabung yang Perlu Dihindari

3. Membuat Catatan Pengeluaran

Catatan pengeluaraan ini tidak hanya diperlukan oleh orang-orang yang telah bekerja atau ibu rumah tangga. Pelajar juga perlu membuat catatan pengeluaran untuk membantu proses menabung. 

Mencatat pengeluaran dapat menjadi tips menabung yang baik. Kamu hanya perlu konsisten mencatat pengeluaran secara rutin baik harian, mingguan ataupun bulanan. 

Dengan mencatat pengeluaran, kamu dapat mengawasi berapa total pengeluaran yang digunakan sekaligus melihat catatan berapa banyak uang yang kamu sisihkan untuk tabungan tersebut. 

BACA JUGA:Mau Mengatur Keuangan Tanpa Ribet? Ikuti 6 Tips Ini, Nomor 5 Wajib Kamu Hindari, Pemula Harus Cobain!

4. Membawa Bekal dari Rumah

Pelajar seringkali menghabiskan uang saku mereka untuk jajan di luar. Dengan membawa bekal dari rumah, kamu dapat meminimalisir pengeluaran ini sehingga kamu dapat menyisihkan uang dan menabungkannya. 

Tips ini merupakan tips yang sangat simpel namun efektif untuk dilakukan lantaran dapat mengurangi pengeluaran untuk membeli jajan. 

BACA JUGA:Rahasia Cepat Kaya, Ternyata Begini Cara Orang Jepang Mengatur Keuangan, Mau Coba?

5. Mengeluarkan Uang Sesuai Kebutuhan dan Manfaatkan Diskon

Tips selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengeluarkan uang sesuai prioritas kebutuhan. Tidak semua barang merupakan hal yang harus dibeli saat itu juga. 

Sebagai pelajar, biasanya kebutuhan yang penting adalah kebutuhan belajar, transportasi dan juga konsumsi sehingga sebaiknya berfokus pada hal-hal tersebut. Pastikan untuk tidak terdistraksi dengan hal lain yang tidak begitu penting. 

Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan promo atau diskon yang ada. Memanfaatkan hal ini secara biak dapat menekan pengeluaranmu sehingga kamu dapat lebih hemat dan dapat menabung dengan baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: