dempo

Bukan Hanya Tempe! Inilah 5 Jenis Olahan Kacang Kedelai Lain yang Bisa Kamu Pilih Saat Bosan

Bukan Hanya Tempe! Inilah 5 Jenis Olahan Kacang Kedelai Lain yang Bisa Kamu Pilih Saat Bosan

Bukan hanya tempe! Inilah 5 jenis olahan kacang kedelai lain yang bisa kamu pilih saat bosan--(Sumber Foto : iStockPhoto)

Jenis olahan kedelai yang lain adalah tauco. Bahan makanan ini terkenal di wilayah Tiongko sebagai bubu masakan yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai kuning yang sudah direbus dan juga dicampur dengan tepung terigu. 

Meski dikenal sebagai makanan yang berasal dari Tiongkok, namun tauco telah lama diproduksi dan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. 

BACA JUGA:Cobain 3 Resep Ayam Kecap Nikmat Bikin Nagih, Simple Cukup Pakai Bahan Ini! Begini Cara Membuatnya

3. Susu Kedelai

Olahan kedelai lain yang tak kalah tenarnya adalah susu kedelai yang merupakan minuman yang diolah dari susu kedelai. Olahan susu ini seringkali menjadi pilihan bagi mereka yang laktosa intoleran. 

Susu kedelai ini menjadi susu yang sehat untuk diminum dan berasal dari bahan makanan nabati. Cara memperoleh susu ini adalah dengan menghaluskan kedelai bersama air, setelah itu susu kedelai disaring lalu dimasak hingga menjadi susu kedelai. 

BACA JUGA:Tetap Sehat Meski Usia Lanjut, Ini 5 Manfaat Konsumsi Susu Bagi Lansia, Sudah Tahu?

4. Kembang Tahu

Makanan olahan kacang kedelai lainnya adalah kembang tahu dengan bentuk yang menyerupai tahu. Dalam proses pembuatannya, masakan ini tidak disaring ataupun diperas sehingga kembang tahu cenderung memiliki kandungan air yang banyak. 

Tak hanya itu, kembang tahu juga biasanya memiliki tekstur yang lebih lembut dibandingkan tahu biasanya. Dalam proses penyajian, kembang tahu bisanya disajikan bersama air jahe dan juga gula merah. 

BACA JUGA:Bukan Hanya Tempe, 7 Makanan Ini Bisa Jadi Alternatif Sumber Protein, Vegetarian Wajib Tahu!

5. Oncom

Makanan olahan kacang kedelai yang berikutnya adalah oncom. Oncom biasanya dibuat dari sisa penyaringan dari pembuatan susu kedelai atau tahu. 

Ampas kedelai tersebut diolah bersama tepung singkong untuk merekatkannya kemudian dikukus hingga matang. Setelah itu oncom ditaburi ragi dan didiamkan kembali selama dua hari hingga berubah warna menjadi oranye. Setelah itu oncom siap digunakan sebagai bahan masakan. 

BACA JUGA:Bikin Nambah Terus! Cobain 3 Resep Olahan Tempe Tanpa Tepung, Nikmat dan Lezat Cocok Jadi Menu Kamu Hari Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: