Jangan Berlebihan! Inilah Efek Samping yang Akan Kamu Rasakan Jika Terlalu Banyak Konsumsi Kacang Kedelai

Jangan Berlebihan! Inilah  Efek Samping yang Akan Kamu Rasakan Jika Terlalu Banyak Konsumsi Kacang Kedelai

Hati-hati jangan berlebihan! Inilah sederet efek samping yang akan kamu rasakan jika terlalu banyak konsumsi kacang kedelai--(Sumber Foto : iStockPhoto)

Alergi terhadap kacang kedelai sendiri menjadi salah satu alergi yang paling umum dan biasanya dapat dimulai sejak bayi. Tanda alergi ringan yang terjadi akibat alergi kacang kedelai ini seperti gatal-gatal di dalam dan sekitar mulut. 

Untuk mengatasinya, mereka yang mengalami alergi ini perlu membatasi atau sama sekali tidak mengonsumsi makanan yang mengandung kacang kedelai. 

BACA JUGA:Belum Banyak yang Tahu! Ini Manfaat dan Kandungan Kunyit, Bisa Sebagai Obat Alergi hingga Menurunkan Depresi

5. Menyebabkan Kekurangan Mineral

Kacang kedelai juga dapat menyebabkan kekurangan mineral karena kandungan asam fitatnya yang tinggi. Kandungan ini lebih tinggi daripada yang ada kacang-kacangan lain. 

Asam fitat ini dapat mengganggu penyerapan zat besi, seng dan juga kalsium sehingga apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat meningkatkan resiko defisiensi mineral.

Untuk mengurangi kandungan asam fitat ini secara signifikan, kamu dapat melakukannya melalui fermentasi. 

BACA JUGA:Wajib Tahu! 7 Makanan Ini Kaya Akan Zat Besi, Cegah Anemia dengan Langkah Mudah

Demikian sederet efek samping yang dapat terjadi apabila kamu terlalu banyak mengonsumsi kacang kedelai. Kacang kedelai sendiri memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, namun tetap pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan, ya! Semoga bermanfaat(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: