Waduh! Surat Suara Pemilu 2024 Tercoblos Ditemukan di TPS Bengkulu Utara

Waduh! Surat Suara Pemilu 2024 Tercoblos Ditemukan di TPS Bengkulu Utara

Surat suara sudah tercoblos atas nama salah satu Calon Legislatif DPRD Provinsi Bengkulu yakni Sonti Bakara ditemukan di TPS 018 Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Arga Makmur pada Rabu 14 Februari 2024.--(Sumber Foto: Doni/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Surat suara sudah tercoblos atas nama salah satu Calon Legislatif DPRD Provinsi BENGKULU yakni Sonti Bakara ditemukan di TPS 018 Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Arga Makmur pada Rabu 14 Februari 2024.

Menanggapi hal tersebut, Ketua KPU Bengkulu Utara, Santoso mengatakan bahwa surat suara yang ditemukan dalam keadaan rusak itu akan diganti dengan surat suara yang baru dan surat suara yang ditemukan tersebut langsung dianggap tidak sah.

BACA JUGA:Pelaksanaan Pemilu 2024 di TPS Sulit dan Blank Spot di Kaur Bengkulu Berjalan Lancar

"Syarat suara yang rusak atau gagal cetak akan dikembalikan, dan akan diganti dengan yang baru kepada pemilih," kata Santoso.

Untuk mengantisipasi agar hal serupa tidak terjadi, Santoso menambahkan, dirinya telah memerintahkan agar petugas yang ada di TPS, dapat memeriksa terlebih dahulu surat suara sebelum diberikan kepada pemilih. 

"Saya telah meminta kepada para petugas untuk memeriksa surat suara, sehingga tidak ada lagi pemilih yang mendapatkan surat suara yang rusak," jelasnya.

BACA JUGA:Pantau Pencoblosan Serentak, Gubernur Rohidin Mersyah Pastikan Pemilu di Bengkulu Aman

Sementara itu, Ketua Bawaslu Bengkulu Utara, Tri Suyanto membenarkan adanya temuan surat suara yang sudah dicoblos.

Adapun surat suara tersebut masuk ke dalam kategori surat suara rusak.

BACA JUGA:Unik! TPS 04 Kelurahan Pondok Besi Tampil Beda, Padukan Tema Valentine dan Budaya Bengkulu

"Iya tercoblos sebelum di gunakan dan di ganti dengan susu yg masih bagus, terus di masukan dalam kategori susu rusak Dan di tuangkan dalam berita acara susu rusak," kata Tri Suyanto.

BACA JUGA:Pakai Baju Warna Kuning, Ketua DPRD Mukomuko Nyoblos di TPS 02 Desa Pondok Batu

Tri Suyanto menambahkan, temuan tersebut juga sudah dituangkan dalam form kejadian khusus oleh KPPS, dan juga dibuat dalam laporan hasil pengawasan secara berjenjang oleh pengawas pemilu.

BACA JUGA:Unik! TPS 04 Kelurahan Pondok Besi Tampil Beda, Padukan Tema Valentine dan Budaya Bengkulu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: