Aplikasi Sirekap Bermasalah, TPS 01 Kelurahan Betungan Baru Selesaikan Penghitungan Suara Siang Ini

Aplikasi Sirekap Bermasalah, TPS 01 Kelurahan Betungan Baru Selesaikan Penghitungan Suara Siang Ini

Ketua KPPS TPS 01 Kelurahan Betungan, Pintor Parulian, menjelaskan keterlambatan ini karena kendala cuaca yang tidak bersahabat dan aplikasi Sirekap error.--(Sumber Foto: Jalu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01 Kelurahan Betungan, Kota BENGKULU baru selesai melakukan penghitungan surat suara dan penandatanganan berkas administrasi pada siang hari ini, 15 Februari 2024.

BACA JUGA:Jelang Tengah Hari, TPS 23 Lingkar Barat Belum Selesai Lakukan Penghitungan Suara

Ketua KPPS TPS 01 Kelurahan Betungan, Pintor Parulian, menjelaskan keterlambatan ini karena kendala cuaca yang tidak bersahabat akibat turunnya hujan.

Selain itu, keterlambatan juga disebabkan gangguan di situs atau apklikasi SIREKAP milik KPU. Hal tersebut membuat penginputan data menjadi tertunda sehingga berimbas pada proses pengitungan suara di TPS.

BACA JUGA:Prabowo Unggul di Kepahiang Bengkulu, Anies dan Ganjar Tertinggal Jauh

"Baru selesai dan tinggal menandatangi berita acara dan laporan. Penyebabnya karena hujan dan aplikasi Sirekap yang bermasalah serentak kemarin," jelasnya Kepada BETVNEWS Kamis 15 Februari 2024.

BACA JUGA:Penghitungan Sementara, Pasangan Prabowo-Gibran Unggul di Kabupaten Bengkulu Tengah

Tambah Pintor, terkait keterlambatan tersebut pihaknya telah mengacu pada Standar Operasional Procedure (SOP) dan Juknis saat mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) di Hotel Mercure beberapa waktu yang lalu.

Dimana petugas KPPS yang melakukan penghitungan suara di TPS bisa mendapat dispensasi 12 jam, bila belum bisa menyelesaikan di hari yang sama.

BACA JUGA:Momen Libur Pemilu 2024, Pusat Perbelanjaan di Kota Bengkulu Diserbu Pengunjung

"Waktu kami Bimtek di Hotel Mercure kemaren ada 12 jam waktu tambahan, andaikata tidak selesai di hari pencoblosan," tambahnya.

BACA JUGA:Prabowo-Gibran Menang Telak di TPS Bupati Seluma, Ganjar-Mahfud Posisi Buncit

Lanjut Pintor, pihaknya pun telah berusaha dan bekerja semaksimal mungkin agar penghitungan suara bisa segera terselesaikan. 

Bahkan, sebagian anggota KPPS ada yang menginap di TPS semalaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: