Pimpin Upacara HUT Basarnas ke-52, Wagub Bengkulu Minta Ada Pos SAR di 9 Kabupaten

Pimpin Upacara HUT Basarnas ke-52, Wagub Bengkulu Minta Ada Pos SAR di 9 Kabupaten

Wakil Gubernur (Wagub) Rosjonsyah menjadi inspektur upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52 Badan Sar Nasional (Basarnas) di halaman apel kantor Basarnas Bengkulu, pada Kamis 29 Februari 2024.--(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Wakil Gubernur (Wagub) Rosjonsyah menjadi inspektur upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52 Badan Sar Nasional (Basarnas) di halaman apel kantor Basarnas Bengkulu, pada Kamis 29 Februari 2024.

Dalam kesempatan ini, Wagub Rosjonsyah mengutarakan, bahwa Provinsi Bengkulu memiliki tingkat kerawanan bencana yang tinggi, baik itu longsor di daerah pegunungan mau pun banjir. Ditambah dengan wilayah pesisir yang begitu panjang.

BACA JUGA:Beredar Uang Mainan di Kaur, Pedagang Kerupuk Pasar Inpres Bintuhan Jadi Korban

"Semua sudah tau kalau Bengkulu rawan bencana, baik itu bencana banjir, longsor di daerah gunung. Sehingga ada Basarnas sangat diperlukan dalam pertolongan pertama bencana," tutur Rosjonsyah.

BACA JUGA:Tabung Gas Terbakar, Rumah Lansia di Rejang Lebong Nyaris Ludes

Ia mengatakan, Pos Sar sudah seharusnya ada di 9 kabupaten se-Provinsi Bengkulu, mengingat kerawanan bencana yang terjadi di setiap daerah. Namun kondisi saat ini, 1 Pos Sar membawahi 3 kabupaten. Seperti di daerah selatan Bengkulu, Pos Sar- nya di kabupaten Bengkulu Selatan. Kemudian wilayah utara Bengkulu di Pos Sar-nya di kabupaten Mukomuko dan timur Bengkulu Pos Sar-nya di kabupaten Rejang Lebong.

"Kalau sekarang Pos Sar membawahi 3 kabupaten, seharusnya setiap daerah ada pos sar sehingga ketika bencana bantuan lebih maksimal," kata Wagub.

BACA JUGA:Kejati Bengkulu Dukung Pembangunan Zona Integritas WBK Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu

Selain itu, Wagub menilai, peralatan  yang dimiliki Kantor Basarnas Bengkulu juga belum memadai sehingga diperlukan penambahan peralatan untuk operasional dalam menghadapi bencana. 

"Saya melihat tadi peralatan belum memadai. Sehingga perlu penambahan peralatan. Kedepan bersinergi dengan pemerintah daerah bersama-sama mengusulkan ke pemerintah pusat," ujarnya.

BACA JUGA:Tingkatkan Penanganan Perkara Hukum, Kejati Bengkulu Teken PKS dengan 6 OPD Pemprov Bengkulu

Sementara itu, Kepala Kantor Basarnas Bengkulu, Muslikun Sodik menyampaikan, momentum HUT ke-52 Basarnas diharapkan seluruh personel terus semangat dan solid menjalankan tugas. Kemudian memberikan pelayanan terbaik dan terukur sesuai dengan SOP yang telah ada. 

"Semoga terus semnagat dan solid dalam pelyanan serta menjaga kompetensi, kesehatan dan keterampilan," kata Muslikun.

BACA JUGA:Korea Selatan Lakukan Pemetaan Wilayah Pesisir Bengkulu, Ini Tujuannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: