Tidak Hanya Ibadah, Ini 8 Manfaat Puasa Dalam Islam, Diantaranya Sebagai Pembersihan Jiwa

Tidak Hanya Ibadah, Ini 8 Manfaat Puasa Dalam Islam, Diantaranya Sebagai Pembersihan Jiwa

Ilustrasi. Tidak hanya ibadah, ini 8 manfaat puasa dalam islam, diantaranya sebagai pembersihan jiwa.--(Sumber Foto: Web/pramborsfm.com)

Manfaat puasa dalam islam selanjutnya adalah dapat membantu mencapai derajat takwa. Seperti yang disampaikan sebelumnya bahwa berpuasa adalah ibadah yang hanya diketahui Allah SWT dan yang menjalankan saja.

Maka dengan seorang muslim berpuasa dan menahan hawa nafsu serta menghidari semua larangannya maka hal tersebutlah yang dikatakan takwa pada Allah SWT. Ketakwaan tersebut dapat menjadikan kamu muslin yang beriman.

Sebagaimana yang disampaikan Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 183: "Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

BACA JUGA:Jadi Rahasia Kecantikan Tradisional, Berikut Manfaat Kapur Sirih untuk Kulit dan Rambut

3. Proses Mendidik Diri

Manfaat puasa dalam islam berikutnya adalah proses mendidik diri. Dengan berpuasa maka seorang muslim harus mengendalikan hawa nafsunya.

Tidak hanya menahan lapar dan haus namun juga mendidik diri agar tidak melakukan perpuatan yang dilarang oleh Allah SWT seperti menggunjing, berbohong, atau mencaci maki seseorang.

Dengan puasa, seseorang dilatih untuk membiasakan diri bersabar, berjihad di jalan Allah SWT, juga berusaha untuk menahan kebiasaannya sehingga manjadi pribadi yang lebih baik. 

BACA JUGA:10 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan, Salah Satunya Membantu Mengobati Asam Urat, Yuk Intip Kasiat Lainnya

4. Melatih untuk Menahan Syahwat

Manfaat puasa dalam islam lainnya adalah melatih untuk menahan syahwat. Sebagai manusia seringa kali kita lalai dalam perbuatan, tingkah laku ataupun ucapan.

Dengan berpuasa kita dilatih harus melawan syahwat dan senantiasa hanya mengharapkan ridha Allah SWT.

5. Punya Hikmah Sosial

Manfaat puasa dalam islam selanjutnya adalah punya hikma sosial.

Dengan menahan diri sepanjang hari, puasa akan menumbuhkan rasa prihatin, berbagi, serta kasih sayang kepada sesama manusia, terutama fakir miskin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: