10 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan, Salah Satunya Membantu Mengobati Asam Urat, Yuk Intip Kasiat Lainnya

10 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan, Salah Satunya Membantu Mengobati Asam Urat, Yuk Intip Kasiat Lainnya

Ilustrasi. 10 Manfaat daun sirsak untuk kesehatan, salah satunya membantu mengobati asam urat, yuk intip kasiat lainnya.--Sumber foto: (Wab/Halodoc.com)

BETVNEWS - Daun sirsak kaya antioksidan dan vitamin yang dapat memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh, salah satunya membantu mengobati asam urat.

Diketahui, daun sirsak sudah sejak dahulu dimanfaatkan sebagai obat alternatif untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan.

Hal tersebut karena daun sirsak memiliki kandungan antioksidan, vitamin A, zat besi, hingga falvonoid.

BACA JUGA:Ampuh untuk Hilangkan Bau Badan! Simak Manfaat Lainnya Dari Kapur Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan inilah yang berfungsi mengatasi berbagai permasalahan kesehatan mulai dari membantu menurunkan asam urat, mengontrol kadar kolesterol, hingga mengobati kanker ovarium.

Manfaat tersebut dapat kamu rasakan dengan meminum air rebusan daun sirsak secara rutin setiap pagi.

Selain memiliki buah yang lezat, tumbuhan sirsak juga memiliki daun yang berperan penting dalam membantu menopang kesehatan.

Melansir dari halodoc.com dan katadata.c.id, daun sirsak memiliki kandungan dan manfaat untuk kesehatan sebagai berikut:

BACA JUGA:Inilah 5 Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Cegah Anemia, Cek Manfaat Lainnya

Kandungan Daun Sirsak

  • Vitamin A, B dan C
  • Folat atau vitamin B9,
  • Kalium
  • Kalsium
  • Tembaga
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Protein
  • Steroid
  • Alkaloid
  • Saponin
  • Tanin
  • Flavonoid
  • Glikosida

BACA JUGA:Mampu Cegah Penuaan hingga Atasi Masalah Jerawat, Segera Cek Manfaat Lain dari Buah Naga untuk Kecantikan

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

1. Mengobati Asam Urat

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan yang pertama adalah membantu mengobati asam urat. Kemampuan tersebut berkat kandungan antioksidan yang dimilikinya secara alami membantu mengeluarkan racun di dalam darah.

Daun sirsak sudah terkenal dengan khasiatnya sebagai obat asam urat, untuk mendapatkan manfaatnya kamu hanya perlu mengkonsumsi air rebusan daun sirsak yang hangat kuku setiap pagi hari.

BACA JUGA:Cegah Penyakit Kronis hingga Turunkan Resiko Depresi, Yuk Intip Manfaat Lain dari Buah Naga untuk Kesehatan

2. Mengatasi Peradangan

Tak hanya mengobati asam urat, daun sirsak juga bermanfaat untuk membantu mengatasi peradangan.

Hal tersebut berkat kandungan antirematik dan neuralgik yang berkhasiat mampu mengatasi berbagai peradangan seperti cystitis, disentri, demam, ruam di kulit, dan diare.

Saat kamu mengalami kondisi ini, segera konsumsi air rebusan air sirsak dan tunggu reaksinya hingga satu jam, jika tak kunjung membaik maka segera periksa ke dokter.

BACA JUGA:7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah, Efektif Mengurangi Jerawat hingga Menyamarkan Flek Hitam, Yuk Cobain

3. Menyembuhkan Sakit Gigi

Manfaat duan sirsak lainnya adalah membantu menyembuhkan sakit gigi. Bagi kamu yang sering sakit gigi harus coba obati dengan minum air rebusan daun sirsak.

Sifat antibakteri yang terdapat di dalam daun sirsak dapat membunuh bajteri penyebab sakit gigi sehingga kondisi gigi dan mulut lebih sehat.

4. Mengurangi insomnia

Manfaat daun sirsak yang pertama adalah baik untuk penderita insomnia, hal ini karena sifat relaksasi yang ada pada daun sirsak membuat badan lebih nyaman dan tenang. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu merebus daun sirsak yang kemudian air dari rebusan  tersebut diminum

BACA JUGA:8 Manfaat Air Mawar untuk Wajah, Mulai dari Melembapkan hingga Membersihkan Kulit, Cek Yuk

5. Membantu mengontrol gula darah

Daun sirsak dipercaya mampuh mengontrol kadar gula darah, oleh sebab itu mengkonsumsi air rebusan dari daun sirsak dapat mengatasi penyakit kencing manis. 

Selain itu, daun sirsak bekerja dengan menghambat enzim yang membantu memecah karbohidrat kompleks menjadi glukosa atau menghalangi penyerapannya.

6. Mendukung pengobatan kanker

Manfaat dari daun sirsak selanjutnya adalah bisa mengobati kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, darah, hati, leher rahim, ovarium, mulut, dan kulit. Hal tersebut karena kandungan antiproliferatif dan sitotoksik yang ada pada daun sirsak.

BACA JUGA:Baik untuk Kesehatan Mental, Ini 4 Manfaat Puasa yang Perlu Kamu Tahu!

7. Mengobati rematik

manfaat dari daun ini juga dipercaya dapat mengobati penyakit rematik. Kamu bisa menggunakannya dengan cara di tempel pada bagian tubuh yang sering merasakan nyeri. Namun sebelum itu, kamu harus terlebih dahulu menghaluskan daun dari buah sirsak ini.

8. Mengobati sakit maag

Siapa yang belum tahu? daun sirsak ternyata dapat mengatasi sakit maag. Selain itu daun sirsak juga dapat mengurangi peradangan dan bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit. lebih dari itu, daun sirask dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

BACA JUGA:Cegah Penuaan Dini hingga Menjaga Keindahan Rambut, Berikut Sederet Manfaat Buah Sirsak Uuntuk Kecantikan

9. Menstabilkan tekanan darah

Mengkonsumsi air rebusan daun sirsak sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, kandungan kalium yang ada pada daun sirsak dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, sedangkan zat besi membantu mengatur detak jantung. 

10. Mengobati Kista pada Ovarium 

Terakhir manfaat daun sirsak selanjutnya adalah ampuh mengobati kista atau ovarium. Sebagai informasi, kista adalah tumor jinak yang berada pada rahin perempuan. Untuk cara pencairannya sebaiknya kamu konsultasikan ke doktor terlebih dahulu.

Itulah kandungan dan manfaat daun sirsak untuk kesehatan. Bagi kamu yang memiliki permasalahan kesehatan seperti disebutkan sebelumnya, yuk coba atasi dengan daun sirsak. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: