5 Tradisi Unik Menjelang Bulan Ramadhan Ini Hanya Ada di Indonesia, Salah Satunya Munggahan

5 Tradisi Unik Menjelang Bulan Ramadhan Ini Hanya Ada di Indonesia, Salah Satunya Munggahan

5 Tradisi unik menjelang bulan Ramadhan ini hanya ada di Indonesia, salah satunya munggahan--(Sumber Foto: iStockPhoto)

BETVNEWS - Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana seluruh umat muslim di berbagai belahan dunia melakukan ibadah puasa wajib dan seringkali melakukan beragam tradisi saat menyambut bulan suci ini.

BACA JUGA:Mudah dan Praktis! 3 Resep Olahan Buah Anggur Ini Bisa Jadi Teman Berbuka Saat Ramadhan Tiba

Di Indonesia, terdapat beragam tradisi menyambut bulan Ramadhan yang ada di masing-masing wilayah dan menjadi ciri khas mereka serta telah dijalankan sejak lama secara turun temurun. 

Hal tersebut membentuk suasana bulan Ramadhan yang ada di dalam masyarakat sehingga bulan ini menjadi bulan istimewa yang selalu dirindukan setiap tahunnya berkat tradisi unik ini. 

BACA JUGA:Rekomendasi Takjil Buka Puasa Bulan Ramadan 2024, Mulai dari yang Mengenyangkan hingga Menyegarkan, Yuk Cobain

Bulan Ramadhan sendiri diperkirakan akan jatuh pada 11 Maret 2024 mendatang, meski tanggal ini dapat mengalami perubahan lantaran biasanya pemerintah akan mengadakan sidang isbat sebelum menentukan awal bulan puasa. 

Berikut beberapa tradisi unik menjelang bulan puasa yang telah BETV rangkum dari beberapa sumber yang perlu kamu ketahui. Apa saja? Simak listnya dalam artikel berikut. 

BACA JUGA:5 Resep Menu Buka Puasa yang Menyegarkan, Ada Es Buah Campur hingga Sorbet Jeruk Mangga, Catat Cara Membuatnya

5 Tradisi Unik Menjelang Bulan Puasa

1. Nyorog, Betawi

Tradisi yang pertama untuk menyambut bulan suci Ramadhan adalah Nyorog yang dilakukan oleh masyarakat Betawi di Jakarta. Tradisi ini dilakukan dengan membagikan bingkisan makanan ke sanak saudara dan juga keluarga yang tinggal berjauhan. 

Biasanya saat mengirimkan makanan ini, orang-orang akan mengirimkan kue atau berbagai bahan makanan mentah seperti gula, susu kopi, beras, ikan bandeng dan juga daging kerbau. 

BACA JUGA:Tidak Hanya Ibadah, Ini 8 Manfaat Puasa Dalam Islam, Diantaranya Sebagai Pembersihan Jiwa

Tradisi ini dibuat sebagai tanda penghormatan dari mereka yang lebih muda kepada yang lebih tua dan biasanya dilakukan oleh pasangan yang baru saja menikah untuk mengirimkan makanan ke orang tua masing-masing. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: