5 Tradisi Unik Menjelang Bulan Ramadhan Ini Hanya Ada di Indonesia, Salah Satunya Munggahan

5 Tradisi Unik Menjelang Bulan Ramadhan Ini Hanya Ada di Indonesia, Salah Satunya Munggahan

5 Tradisi unik menjelang bulan Ramadhan ini hanya ada di Indonesia, salah satunya munggahan--(Sumber Foto: iStockPhoto)

BACA JUGA:Baik untuk Kesehatan Mental, Ini 4 Manfaat Puasa yang Perlu Kamu Tahu!

4. Nyadran, Jawa

Tradisi unik lainnya yang ada di Indonesia adalah tradisi Nyadran yang ada pada masyarakat Jawa, terutama wilayah Jawa Tengah sebelum menyambut bulan Ramadhan. 

Tradisi Nyadran ini berasal bahasa Sanskerta 'sraddha' yang berarti keyakinan dan dilakukan dengan cara membersihkan makan leluhur, melakukan tabur bunga dan juga kenduri. 

BACA JUGA:Cek di Sini! Bacaan Niat dan Keutamaan Puasa Nisfu Syaban, Yuk Amalkan

Nyadran ini biasanya dilakukan pada setiap hari ke-10 bulan Rajab atau saat datangnya bulan Syaban. Setelah mengirimkan doa masyarakat biasanya akan memulai kendur atau makan bersama di sepanjang jalan di atas pelepah daun pisang. 

5. Pacu Jalur, Riau

Tradisi berikutnya datang dari Riau yang merupakan sebuah tradisi sportif dan kekeluargaan, yaitu Pacu Jalur yang merupakan perlombaan dayung perahu berukuran 40 meter yang berisi 40 hingga 60 orang dan biasanya dilakuka di Sungai Kuantan. 

BACA JUGA:Kamu Perlu Tahu! Ini 4 Manfaat Puasa untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Menjaga Jantung

Dalam tradisi ini, perahu yang digunakan biasanya telah dihias dengan sedemikian rupa dan akan berlomba dengan didayung oleh puluhan pria. 

Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi untuk menyambut bulan Ramadhan dan hari besar Islam hingga Hari Kemerdekaan Indonesia. 

BACA JUGA:Muhammadiyah Tetapkan Puasa Ramadhan 1445 H Jatuh pada 11 Maret

Demikian 5 Tradisi unik menjelang bulan Ramadhan yang ada di berbagai wilayah di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: