Ramadhan Hampir Tiba! Berikut Bacaan Niat Puasa Ramadhan 2024 Lengkap, Arab, Latin dan Terjemahannya

 Ramadhan Hampir Tiba! Berikut Bacaan Niat Puasa Ramadhan 2024 Lengkap, Arab, Latin dan Terjemahannya

Ramadhan hampir tiba! Berikut bacaan niat puasa ramadhan 2024 lengkap, arab latin dan terjemahannya--(Sumber Foto: iStockPhoto)

BETVNEWS - Tidak lama lagi umat Muslim di seluruh dunia akan menyambut bulan puasa atau bulan Ramadhan tahun 2024 yang diperkirakan akan jatuh pada tanggal 11 Maret mendatang untuk Muhammadiyah. 

BACA JUGA:Rekomendasi Takjil Buka Puasa Bulan Ramadan 2024, Mulai dari yang Mengenyangkan hingga Menyegarkan, Yuk Cobain

Sementara itu untuk Nahdatul Ulama (NU) tanggal perkiraan ini belum tanggal pasti lantaran biasanya umat muslim akan menunggu sidang isbat yang dilakukan oleh pemerintah untuk menentukan kapan bulan suci Ramadhan dimulai. 

Dalam menjalankan ibadah puasa di dalam bulan Ramadhan, umat muslim dianjurkan untuk melafalkan niat terlebih dahulu agar ibadah puasa mereka diterima oleh Allah SWT. 

BACA JUGA:5 Resep Menu Buka Puasa yang Menyegarkan, Ada Es Buah Campur hingga Sorbet Jeruk Mangga, Catat Cara Membuatnya

Membaca niat puasa Ramadhan ini penting untuk dilakukan agar ibadah puasa sejalan dengan keridha'an Allah SWT sebagai bentuk pendekatan diri pada-Nya. 

Niat puasa ini biasanya dibaca dan dilafalkan setelah melakukan sahur sebelum imsak dan melakukan ibadah puasa Ramadhan. Namun kamu juga dapat melafalkan bacaan niat puasa ini saat malam hari setelah Sholat Tarawih

BACA JUGA:Tidak Hanya Ibadah, Ini 8 Manfaat Puasa Dalam Islam, Diantaranya Sebagai Pembersihan Jiwa

Kamu perlu tahu jika niat merupakan fondasi dalam melakukan ibadah sehingga mengetahui bacaan niat ini wajib bagi umat muslim. Tanpa melafalkan niat, ibadah puasa dapat tidak diterima. 

Hal ini seperti yang dikutip dari laman bola.com, disebutkan dalam hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan dengan sanad shahih dari Ibnu Umar dan Hafshah R.A bahwa keduanya berkata:

BACA JUGA:Jaga Kestabilan Harga Jelang Puasa, Disperindag Seluma Bakal Sidak Pasar

"Barang siapa yang tidak memalamkan niatnya sebelum terbitnya fajar maka tidak ada puasa baginya." (HR. Abu Daud no. 2454, At-Tirmizi no. 730, An-Nasai (4/196).

Untuk itu, berikut telah BETV siapkan bacaan niat puasa Ramadhan lengkap dalam bahasa Arab, Latin dan juga terjemahannya yang dapat kamu simak dalam artikel berikut. 

BACA JUGA:Ramadan Sebentar Lagi, 6 Hal yang Membatalkan Puasa Ini Wajib Kamu Ketahui, Apa Saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: