Ramadan Sebentar Lagi, 6 Hal yang Membatalkan Puasa Ini Wajib Kamu Ketahui, Apa Saja?

Ramadan Sebentar Lagi, 6 Hal yang Membatalkan Puasa Ini Wajib Kamu Ketahui, Apa Saja?

Ilustrasi. Hal yang dapat membatalkan puasa.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Tidak terasa Ramadan akan kembali datang, bulan dimana umat Muslim di dunia menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diketahui misalnya apa saja yang dapat membatalkan puasa.

Kamu dapat simak ulasannya di sini, tentu ada berbagai faktor yang dianggap dapat membatalkan puasa. Sehingga perlunya untuk memiliki kesadaran tentang ibadah mulia satu ini.

BACA JUGA:Praktis dan Low Budget, Ini 8 Rekomendasi Menu Buka Puasa untuk Anak Kos

Saat mendengar kata puasa, sebagian besar kita tentu akan ingat tentang menahan lapar dan haus dari matahari terbit hingga terbenamnya matahari. Sehingga dalam menjalani ibadah wajib tersebut, kamu perlu juga menghindari beberapa hal yang dapat membatalkan puasa.

Berikut ini beberapa hal yang dapat membatalkan puasa Ramadan, dilansir dari laman tokopedia, yakni:

BACA JUGA:Tinggal Mengitung Hari Ramadan Akan Tiba, Yuk Ketahui Golongan Orang yang Wajib Berpuasa di Bulan Suci Ini

1. Emosi

Sebagaimana diketahui bahwa puasa yaitu menahan segala hawa nafsu mulai dari matahari terbit sampai terbenam. Tak jarang dari kita akan merasa diuji dalam segala hal, sehingga kadang kala tanpa sadar meluapkan emosi secara berlebihan.

Meski tidak membatalkan puasa, hanya saja bisa mengurangi amalan dalam berpuasa. Dengan marah atau emosi pada suatu hal, kerap kali tidak dapat dikontrol dengan baik, sehingga akhirnya menimbulkan hal-hal yang tak diinginkan.

Emosi tersebut akan menghabiskan energimu saja, terlebih lagi bulan puasa juga melatih kesabaran seseorang. Sehingga, sebaiknya tidak mengeluarkan emosi secara berlebihan.

BACA JUGA:Baik untuk Kesehatan Mental, Ini 4 Manfaat Puasa yang Perlu Kamu Tahu!

2. Makan dan minum dengan sengaja

Selanjutnya, hal yang dapat membatalkan puasa yakni dengan makan dan minum secara sengaja. Bila kamu makan dan minum dengan sengaja di bulan puasa, sangat jelas bahwa kamu tidak sungguh-sungguh menjalankan puasa tersebut.

Walau pada dasarnya ada waktunya seseorang boleh tidak berpuasa, lalu bila tidak sengaja lupa hal tersebut tidak apa-apa. Hanya saja, makanan atau minuman yang tertinggal di mulut, harus cepat dikeluarkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: