Tidak Bisa Sembarangan, Inilah 7 Syarat Wajib Puasa Ramadhan, Salah Satunya Sudah Baligh

Tidak Bisa Sembarangan, Inilah 7 Syarat Wajib Puasa Ramadhan, Salah Satunya Sudah Baligh

Tidak bisa sembarangan, inilah syarat wajib puasa Ramadhan, salah satunya sudah baligh--(Sumber Foto: iStockPhoto)

BETVNEWS - Melaksanakan ibadah puasa di Bulan Ramadhan tidak bisa dilakukam sembarangan lantaran terdapat beberapa syarat wajib puasa yang harus dipenuhi sebelum melakukannya. 

BACA JUGA:Ramadhan Segera Tiba, Ketahui 10 Hadits Tentang Keutamaan Bulan Ramadhan Ini untuk Ibadah Lebih Baik

Ramadhan 2024 akan segera tiba dan tinggal menghitung hari sehingga umat muslim di seluruh belahan dunia telah mulai mempersiapkan diri untuk menyambut bulan ini dengan penuh sukacita. 

Pada bulan suci ini, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa dan menahan diri dari segala sesuatu seperti makan, minum, nafsu hingga menahan diri dari berbicara tentang hal-hal yang tidak bermanfaat dan sebagainya. 

BACA JUGA:Tinggal Menghitung Hari, Yuk Ketahui 5 Keistimewaan Bulan Ramadhan Bagi Umat Muslim

Puasa ini diilakukan dengan menahan diri dari segala sesuatu yang dapat membatalkanya dan dimulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari dan dibarengi dengan niat serta beberapa syarat yang harus dipenuhi. 

Ibadah puasa yang dilakukna pada bulan Ramadhan ini hukumnya wajib dam merupakan salah satu rukun Islam. Untuk itu, terdapat pula syarat wajib puasa yang mesti dipenuhi sebelum melakukan ibadah yang satu ini. 

BACA JUGA:Ada Sambal Tahu Tempe yang Kaya Protein, Inilah 3 Rekomendasi Menu Sahur Praktis untuk Ramadhan 2024

Untuk itu, berikut telah BETV rangkum informasi untukmu tentang syarat wajib puasa dalam bulan Ramadhan dalam artikel di bawah ini. 

Syarat Wajib Puasa Ramadhan

Mengutip laman detik.com, dalam Kitab Fikih berikut syarat wajib puasa yang telah disepakati oleh ulama. 

BACA JUGA:Sambut Ramadhan 2024 dengan Gembira, Yuk Ingat Kembali Bacaan Niat Sahur dan Buka Puasa Lengkap dengan Artinya

1. Beragaman Islam

Syarat pertama yang wajib untuk dipenuhi adalah beragama Islam. Oleh sebab itu, mereka yang bukan beragama Islam tidak memiliki kewajiban untuk menjalankan ibadah puasa ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: