Auto Fit Lagi, Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Saat Puasa Ramadan, Yuk Siapkan dari Sekarang

Auto Fit Lagi, Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Saat Puasa Ramadan, Yuk Siapkan dari Sekarang

Ilustrasi. Tips agar dapat menjaga kesehatan saat puasa Ramadan.--(Sumber Foto: Web/Medibank)

BETVNEWS - Bulan Ramadan menjadi salah satu bulan yang dinantikan banyak umat Muslim di seluruh dunia. Dalam menjaga keseimbangan berpuasa, tentunya kamu perlu mengetahui beberapa tips menjaga kesehatan saat puasa ini.

Puasa Ramadhan tinggal sebentar lagi, setiap orang tentu memiliki cara tersendiri untuk tetap fit dalam kesehariannya. Namun, beberapa tips ini mungkin baru kamu ketahui, sehingga tidak salahnya untuk mencoba hal baru dan menerapkannya.

Sebagaimana diketahui bahwa puasa artinya tidak makan maupun minum selama kurang lebih 12 jam. Dalam kekosongan tersebut, kamu perlu tetap mempertahankan daya tubuh agar bisa melakukan berbagai aktivitas tanpa mengeluh lapar atau haus.

BACA JUGA:Siap-siap Ramadhan, Ini Doa Buka Puasa Lengkap dengan Artinya, Jangan Lupa Baca Basmalah

Salah satu untuk menjaga kesehatan saat puasa Ramadan adalah dengan melakukan olahraga ringan, misalnya seperti berjalan atau bersepeda di waktu yang tepat. Meskipun terdengar akan cukup melelahkan, hanya saja kamu perlu agar tetap sehat.

Inilah kenapa saat berpuasa, umat Islam dianjurkan juga untuk sahur. Sebelum akhirnya harus menahan diri dari asupan makanan dan minuman, sahur akan membantu seseorang mengisi energi.

Nah, dalam hal ini ada sejumlah tips menjaga kesehatan saat sedang berpuasa, dilansir dari berbagai sumber, simak ulasan berikut.

BACA JUGA:Selain Kurma, Ini 10 Rekomendasi Buah yang Baik Dikonsumsi saat Buka Puasa

1. Segera untuk sahur

Seperti yang telah dijelaskan tentang pentingnya sahur, hal ini dapat membuat tubuh kembali fit saat menjalani puasa. Sahur bisa menjadi pengganti sarapan pagi, jika hal tersebut menjadi rutinitas pagimu.

Sahur menjadi bagian penting dalam menambah asupan energi hingga sampai waktu untuk berbuka. Selain itu, sebaiknya kamu sahur dengan menyiapkan makanan dengan gizi seimbang. Misal serat, protein, dan karbohidrat, kamu bisa menyiapkan makanan seperti gandung, oat, beras merah yang dapat membuat kenyang lebih lama.

BACA JUGA:Kamu Perlu Tahu! Ini 6 Hakikat Puasa Menurut Imam Al-Ghazali, Salah Satunya Menjaga Lisan

2. Penuhi cairan tubuh

Tubuh memerlukan cairan, sehingga jangan sampai kekurangan cairan saat sedang menjalani puasa. Karena jika kekurangan, hal ini bisa membuat tubuhmu mudah terhidrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: