DLH Kota Bengkulu Butuh Armada Pengangkut Sampah dan Pemangkas Pohon

DLH Kota Bengkulu Butuh Armada Pengangkut Sampah dan Pemangkas Pohon

Riduan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bengkulu--(Sumber Foto: ROBI/BETV)

BENGKULU,BETVNEWS - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota BENGKULU, Riduan mengatakan bahwa pihaknya membutuhkan tambahan unit kendaraan pemangkas dahan pohon dan truk pengangkut sampah lagi.

BACA JUGA:Laboratorium Lingkungan DLH Mukomuko Segera Beroperasi

Hal ini dikarenakan DLH Kota Bengkulu saat ini hanya memiliki 1 unit mobil dan 1 unit truk pengangkut sampah.

Sehingga kendaraan opersional yang ada saat ini dirasa belum memadai untuk melakukan kegiatan pemangkasan dahan pohon-pohon di Kota Bengkulu.

BACA JUGA:DLH Seluma Dukung Pengusutan Kasus Dugaan Pencemaran Limbah PT AIP di Sungai Gasan

"Untuk mencakup wilayah seluas kota Bengkulu yang banyak di tumbuhi pohon-pohon besar dan berusia tua, unit yang dimiliki saat ini belum memadai," kata Riduan kepada BETVNEWS, Jumat 15 Maret 2024.

Tambah Riduan, kendaraan pemangkas dahan yang ada saat ini juga hanya memiliki tangga dengan ketinggian  maksimum 10 meter, padahal untuk memangkas dahan pohon-pohon tinggi di Kota Bengkulu.

Idealnya dibutuhkan kendaraan operasional yang memiliki tangga dengan ketinggian minimal mencapai 17 meter.

BACA JUGA:Permudah Pengolahan Sampah, DLH Kota Bengkulu Dorong Tiap Kelurahan Punya Bank Sampah

"Januari sampai Desember 2023 bisa dilihat kita telah melakukan pemangkasan. Namun, kenapa belum tuntas kita lakukan," sambungnya.

"Karena Kendaraan operasional pemangkas beserta tangganya saat ini hanya memiliki ketinggian maksimal 10 meter, dan pohon yang lebih tinggi tidak bisa dijangkau, kemudian juga berpotensi mengenai tiang listrik ketika memangkas dahan pohon kalo cuma 10 meter, sehingga dinilai sangat berbahaya," jelasnya. 

Lanjut Riduan, menyikapi hal ini OPD nya telah mengajukan penambahan  berupa 1 unit kendaraan opersioanal yang dilengkapi tangga 17 meter guna memotong dahan pohon yang tinggi dan 1 unit truk pengangkut dahan pohon yang telah dipangkas.

BACA JUGA:DLH Kota Bengkulu Minta Stakeholder Anggarkan Pembangunan TPA yang Baru

"Karena saat ini telah memasuki musim. Pengghujan di Kota Bengkulu, dan keberadaan pohon-pohon yang telah tua dan rawan tumbang. Maka, kita telah mengajukan ke Pemkot pengadaan kendaraan operasional yang lebih efisien untuk memanggkas dahan pohon," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: