MUI Haramkan Kurma Israel, Masyarakat Diminta Berhati-hati Memilih Produk

MUI Haramkan Kurma Israel, Masyarakat Diminta Berhati-hati Memilih Produk

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Bengkulu mengimbau masyarakat Indonesia untuk tidak mengonsumsi produk dari perusahaan yang terafiliasi dengan Israel, termasuk kurma Israel.--(Sumber Foto: CW/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi BENGKULU mengimbau masyarakat Indonesia untuk tidak mengonsumsi produk dari perusahaan yang terafiliasi dengan Israel, termasuk kurma Israel.

Imbauan tersebut diungkapkan usai beredarnya berita mengenai adanya sejumlah produk kurma asal Israel yang telah masuk dan diperjualbelikan di Indonesia.

BACA JUGA:3,9 Juta Ton Batu Bara Dikirim Melalui Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu Sepanjang Tahun 2023

Ketua MUI Provinsi Bengkulu, Prof. Dr. Rohimin, M.Ag. menyampaikan, bahwa MUI pusat telah mengharamkan menggunakan atau mengonsumsi produk apapun yang berasal dari Israel, termasuk kurma.

Kendati begitu, sampai saat ini pihaknya belum menerima keterangan resmi dari pemerintah pusat mengenai keberadaan kurma Israel yang beredar di Indonesia.

BACA JUGA:Pengamat Politik Unib Prediksi Sentimen Kesukuan Masih Warnai Pilwakot Bengkulu 2024

"Sesuai dengan taklimat ulama, jika ada produk Israel maka haram untuk digunakan atau dikonsumsi, termasuk kurma ini," ujar Prof. Dr. Rohimin, Jumat 15 Maret Pukul 13.20 WIB.

BACA JUGA:Disperindag Seluma Imbau Pedagang Takjil Tak Gunakan Bahan-bahan Berbahaya

Oleh sebab itu, masyarakat diminta untuk berhati-hati dalam memilih produk kurma. Sebab, penggunaan produk yang terafiliasi dengan Israel telah diharamkan berdasarkan hasil fatwa ulama atas dasar agama dan kemanusiaan.

"Kebanyakan kita tidak tahu darimana kurma berasal karena sudah menjadi konsumsi publik dan diperjualbelikan secara bebas. Jadi masyarakat harus berhati-hati dalam memilih produk," imbuhnya.

BACA JUGA:Pilkada Seluma 2024, Dua Sosok Ini Digadang-gadang Jadi Penantang Kuat Petahana Erwin Octavian

Di sisi lain, salah satu pedagang kurma di Pasar Panorama, Noto, mengaku bahwa dirinya tidak mengetahui jenis kurma yang berasal dari Israel.

"Saya tidak tau kurma Israel itu seperti apa. Ini saya jual kurma produk Timur Tengah, ada dari Tunisia, Mesir, Iran, dan Arab Saudi. Saya juga belum pernah dengar berita adanya kurma dari Israel," ujarnya (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: