Beredar Kabar Erwin Octavian Tak Maju dalam Pilkada Seluma 2024, Ini Kata Pengamat Politik

Beredar Kabar Erwin Octavian Tak Maju dalam Pilkada Seluma 2024, Ini Kata Pengamat Politik

Pengamat politik dari Universitas Bengkulu (Unib) Delfan Eko Putra, menanggapi kabar yang berhembus mengenai Bupati Petahana Erwin Octavian tak maju dalam kontestasi Pilkada November 2024 mendatang.--(Sumber Foto: Julyan/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Pengamat politik dari Universitas BENGKULU (Unib) Delfan Eko Putra, menanggapi kabar yang berhembus mengenai Bupati Petahana Erwin Octavian tak maju dalam kontestasi Pilkada November 2024 mendatang.

Menurutnya hal tersebut dinilai tidak mungkin, karena Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang merupakan partai dari Erwin Octavian menjadi pemenang Pemilu dengan suara terbanyak. 

Sehingga sangat memungkinkan Erwin Octavian berpeluang besar kembali maju dalam Pilkada Seluma 2024.

BACA JUGA:Disnakertrans Provinsi Bengkulu Buka Posko Pengaduan Pembayaran THR

"Dilihat dari peta politik saat ini, PPP menjadi pemenang Pemilu dengan memperoleh suara terbanyak dan mendapatkan 6 kursi di Seluma. Ini sangat memungkinkan ia (Bupati Erwin Octavian,red) bakal maju kembali," kata Pengamat Politik Unib Delfan Eko Putra.

BACA JUGA:Pilwakot 2024, Pengamat Politik Unib Sebut Ada Dua Tipe Pemilih di Kota Bengkulu

Terlebih, kata Delfan, Bupati Erwin Octavian selaku Bupati petahana atau incumbent membuat peluang kembali memimpin itu sangat besar jika dibandingkan penantang baru. 

Sebab, ia mempunyai beberapa keuntungan karena sudah menjabat dan sudah mempunyai prestasi yang dibanggakan.

Kemudian ia juga dinilai memiliki kuasa terhadap birokrasi sehingga memahami apa yang menjadi akar masalah di Kabupaten Seluma. Oleh sebab itu, Erwin Octavian dinilai selangkah lebih maju dari kandidat lainnya.

BACA JUGA:Safari Ramadhan 1445 H, Bupati Seluma Sambangi Masjid Nurul Iman Desa Renah Panjang

Kemudian, indeks kepuasan masyarakat terhadap kinerja kepemimpinan Erwin Octavian selama 5 tahun menjabat Bupati Seluma juga menjadi pertimbangan.

Menurut Delfan, jika Indeks IKM dari masyarakat itu baik, maka dinilai menjadi salah satu peluang yang menghantarkannya ikut dalam Pilkada dan duduk kembali di kursi BD 1 Seluma.

"Ini menjadi peluang-peluang yang saya pikir mengahantarkan Bupati Seluma maju kembali dalam Pilkada 2024," ujarnya

BACA JUGA:3 Festival Tradisional Bengkulu Masuk KEN Tahun 2024, Ini Penjelasan Gubernur Rohidin Mersyah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: