Tingkatkan Produksi, Dinas TPHP: Petani Wajib Adaptif terhadap Perkembangan Zaman

Tingkatkan Produksi, Dinas TPHP: Petani Wajib Adaptif terhadap Perkembangan Zaman

Bantuan alat pertanian untuk petani dari Dinas TPHP Provinsi Bengkulu.--(Sumber Foto: Jalu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Muhamad Sahrir, S.P, selaku Fungsional di UPTD Mekanisasi Pertanian Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi BENGKULU mengatakan bahwa para petani wajib beradaptasi dengan perkembangan zaman dan teknologi.


Muhamad Sahrir, S.P, selaku Fungsional di UPTD Mekanisasi Pertanian Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu (kiri).--(Sumber Foto: Jalu/BETV)

BACA JUGA:Dinas TPHP Sebut Harga TBS Kelapa Sawit di Bengkulu Masih Stabil

"Sekarang orang panen padi sudah pake kombinasi. Kalau dulu masih pakai ani-ani, sehingga dalam satu kelompok tani diharapkan minimal ada satu anak muda yang selalu mengaupdate informasi dan teknologi terkini di bidang pertanian," katanya.

BACA JUGA:Hadiri MoU Kementan RI dan TNI AD, Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Siap Sukseskan Program PAT

Tambah Sahrir, pemerintah juga berupaya mendorong peningkatan produksi petani dengan memberikan bantuan bibit, pupuk, dan herbisida.

"Diharapkan dengan meningkatnya hasil produksi pertanian akan berkorelasi dengan peningkatan kesejahteraan para petani nantinya," tambahnya.

BACA JUGA:Sepanjang Januari 2024, Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Salurkan 243,762 Ton Pupuk Bersubsidi

Di sisi lain, Sugianto salah satu petani Desa Sari Mulyo Kabupaten Seluma, mengucapkan terima kasih atas bantuan dan perhatian Pemprov Bengkulu melalui Dinas TPHP.

Namun, aspirasi dan harapan para petani Desa Sari Mulyo menginginkan bantuan pemerintah terkait pelatihan operator mesin pertanian dan pelatihan teknisi yang memperbaiki mesin pertanian.

BACA JUGA:Dinilai Tidak Patuh, Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Lakukan Monitoring ke PT AIP Seluma

"Kalau kita harus mengupahkan ke bengkel ketika alsintan mengalami kerusakan biayanya cukup mahal bagi kami, mungkin melalui Mektan Dinas TPHP akan memberikan pelatihan memperbaiki atau difasilitasi service alsintan yang mobile," tutur Sugianto.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: