Perlu Tahu! Ini Manfaat Puasa untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Kurangi Risiko Kanker

Perlu Tahu! Ini Manfaat Puasa untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Kurangi Risiko Kanker

Ilustrasi. Manfaat puasa bagi kesehatan, salah satunya dapat kurangi risiko kanker.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Ada banyak manfaat dari berpuasa, salah satunya dalam bidang kesehatan. Salah satu manfaatnya yakni dapat mengurangi risiko terkena kanker.

Bagi umat Islam, puasa Ramadan menjadi bulan yang sangat dinantikan. Ibadah ini hanya datang sekali dalam setahun, sehingga tidak heran jika banyak yang melakukan berbagai kegiatan saat Ramadan tiba.

Bagi kamu yang belum mengetahui apa saja manfaat dari puasa, bisa langsung simak ulasan berikut. Sebagaimana diketahui bahwa puasa dilakukan dengan tidak makan dan minum dari fajar hingga terbenamnya matahari.

BACA JUGA:Yuk Cobain Resep Iced Coffee Jelly Viral Ini untuk Takjil Berbuka Puasa, Dijamin Nendang dan Segar

Tentu, menjaga kesehatan perlu untuk kamu lakukan sebab sebagian dari rasa syukur, terlebih dapat menjalaninya dengan tubuh yang prima.

Tidak hanya itu, perlu juga mengonsumsi makanan yang sehat dan melakukan kegiatan positif selama berpuasa. Nah, berikut ini ada sejumlah manfaat puasa dalam kesehatan, dikutip dari laman alodokter.com.

1. Mengurangi risiko kanker

Dalam penelitian pada hewan membuktikan bahwa dengan puasa bisa bermanfaat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Diketahui selama puasa, kecepatan pembelahan sel dalam tubuh, termasuk juga sel-sel kanker, akan mengalami kekurangan sebab terbatasnya asupan nutrisi.

BACA JUGA:Pahala Makin Bertambah, Ini 5 Kegiatan Puasa Ramadan Bersama Anak, Kamu Perlu Coba!

Tak hanya itu, diketahui metabolisme yang lebih baik, turut berperan guna membuat sel kanker sulit tumbuh terhadap orang yang berpuasa. 

Walau demikian, manfaat puasa satu ini masih harus diteliti lebih lanjut.

Untuk mencegah kanker, kamu dianjurkan dapat menjalani gaya hidup sehat, misalnya konsumsi makanan bergizi dan seimbang, beristirahat cukup, rutin lakukan berolahraga, kurangi stres, hingga tidak merokok dan jauhi minuman dengan alkohol.

BACA JUGA:3 Resep Minuman Ini Cocok Jadi Menu Berbuka Puasa Hari Ini, Salah Satunya Sorbet Mangga yang Menyegarkan

2. Menurunkan berat badan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: