Program Pemasangan Listrik Gratis 2024, Dinas ESDM Provinsi Bengkulu Sudah Terima 6.000 Usulan

Program Pemasangan Listrik Gratis 2024, Dinas ESDM Provinsi Bengkulu Sudah Terima 6.000 Usulan

Pebrian Syaferi Inspektur Ketenaglistrikan Provinsi Bengkulu Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Bengkulu. --(Sumber Foto: Jalu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi BENGKULU menyebut bahwa saat ini pengajuan pemasangan listrik tahun 2024 yang masuk dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi BENGKULU berjumlah 6 ribu usulan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Pebrian Syaferi Inspektur Ketenaglistrikan Provinsi Bengkulu Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Bengkulu

BACA JUGA:Dinilai Menimbulkan Dampak Negatif, Ini Deretan Permasalah PT AIP di Seluma


Program pemasangan listrik gratis Dinas ESDM Provinsi Bengkulu. --(Sumber Foto: Jalu/BETV)

"Data yang masuk ke kita hingga saat ini sekitar 6 ribu lebih. Realisasi program tersebut hingga saat ini dalam tahap verifikasi dan validasi oleh PLN, lalu kita tetapkan," kata Pebrian Syaferi, Sabtu 23 Maret 2024.

BACA JUGA:Distan Seluma Usulkan Benih Padi Gogo untuk 817 Hektar Lahan Eks Replanting Kelapa Sawit

Tambah Pebri, sambungan listrik gratis ini diberikan kepada masyarakat kurang mampu berdasarkan data DTKS dan Dinas Sosial maupun Bappeda Provinsi. Selain itu, penerimanya juga belum terdaftar sebagai pelanggan PLN (Perusahaan Listrik Negara).

Persyaratan lainnya yaitu rumah harus milik sendiri dan sudah memiliki jaringan listrik di area sekitar. 

Jika disetujui maka penerima nantinya akan menerima sambungan listrik subsidi dengan daya 450 Va dan 900 Va.

BACA JUGA:3 Proyek Fisik di Seluma Masuk Masa Sanggah, Total Anggaran Capai Rp12 Miliar

"Kita validasi melalui aplkasi mobile PLN, kita input NIK KTP nya jika terbukti belum pernah tersambung listrik PLN dan jarak rumah dengan tiang listrik range 30 meter maka kemungkinan besar bisa dapat," tambahnya.

BACA JUGA:Realisasi Program Peremajaan Sawit di Provinsi Bengkulu Capai 1.070 Hektar, Mukomuko Paling Luas

Sebagai informasi, sambungan listrik gratis merupakan salah satu program prioritas Gubernur Provinsi Bengkulu, Rohidin Mersyah. Untuk sumber anggarannya berasal dari APBN sebesar 75 persen, dan APBD 25 persen.

Tahun ini sendiri Pemprov menargetkan pemasangan 1.230 sambungan listrik gratis yang tersebar di 9 kabupaten dan 1 kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: