Penting untuk Dilakukan, Inilah 5 Tips Hidup Sehat untuk Lansia agar Tetap Bugar, Salah Satunya Beristirahat

Penting untuk Dilakukan, Inilah 5 Tips Hidup Sehat untuk Lansia agar Tetap Bugar, Salah Satunya Beristirahat

Penting untuk dilakukan, inilah 5 tips hidup sehat untuk lansia agar tetap bugar, salah satunya istirahat yang cukup--(Sumber : Doc/BETV)

BACA JUGA:Mencegah Diare dengan Cara Hidup Sehat, Begini Penjelasannya

Lansia perlu berat badan ideal yang tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk sebab lansia dengan berat badan yang kurang memiliki tingkat kematian yang lebih tinggi. 

Tubuh yang terlalu kurus justru dapat menjadi gejala dari suatu penyakit serius atau tanda jika tubuh semakin melemah sehingga lansia perlu menjaga berat badan agar tetap normal. 

BACA JUGA:Tingkatkan Kesadaran Hidup Sehat di Tengah Masyarakat

4. Istirahat yang Cukup 

Mereka yang telah lanjut usia biasanya mengalami gangguan tidur seperti insomnia, hingga mengantuk di siang hari namun akan terjaga di siang hari. 

Padahal lansia memerlukan tidur yang cukup dan berkualitas untuk beristirahat agar tubuh tetap bugar dan sehat. 

BACA JUGA:Waspada ISPA, Dinkes Provinsi Bengkulu Imbau Masyarakat Jaga Pola Hidup Sehat

Terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membantu lansia tidur nyenyak, seperti mematikan televisi atau gadget, menghindari cahaya lampu yang terlalu terang, memastikan suhu ruangan rendah, tenang dan juga gelap. 

Selain tips tersebut, sebaiknya hindari juga memasang jam dinding di dalam kamar karena suaranya dapat meningkatkan kecemasan pada lansia sehingga membuat mereka sulit tidur. 

BACA JUGA:Cegah DBD, Masyarakat Diminta Terapkan Pola Hidup Sehat

5. Bersosialisasi

Meski sudah lansia, mereka juga sebaiknya tetap bersosialisasi dan menjaga hubungan dengan orang lain seperti teman sebaya. Dengan menjalin hubungan yang baik dengan orang lain, maka kesehatan lansia akan tetap terjaga. 

Lansia dapat menambah kegiatan tambahan seperti mengikuti beragam komunitas untuk mempelajari berbagai hobi baru agar tidak merasa kesepian dan terhindar dari berbagai gangguan mental dan beragam kesulitan lain. 

BACA JUGA:21 Puskesmas di Benteng, Ajak Masyarakat Wujudkan Gerakan Pola Hidup Sehat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: