Terinspirasi dari Yogyakarta, Kampung Ramadhan Rinjani Sajikan Suasana Religius dan Kearifan Lokal

Terinspirasi dari Yogyakarta, Kampung Ramadhan Rinjani Sajikan Suasana Religius dan Kearifan Lokal

Kampung Ramadan Rinjani menjadi salah satu tempat ngabuburit di Kota Bengkulu yang menggabungkan suasana religius, kegiatan sosial, dan kearifan lokal dalam merayakan bulan suci bagi umat Islam.--(Sumber Foto: Jalu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Kampung Ramadan Rinjani menjadi salah satu tempat ngabuburit di Kota BENGKULU yang menggabungkan suasana religius, kegiatan sosial, dan kearifan lokal dalam merayakan bulan suci bagi umat Islam.

Terinspirasi dari Kampung Ramadhan Jogokariyan Yogyakarta, pertama kali di Kota Bengkulu dengan tema Kampung Ramadhan Rinjani 1445 H / 2024. 

BACA JUGA:Safari Ramadhan ke Masjid Al Hidayah, Bupati Seluma: Jalan Desa Talang Kabu Akan Diperbaiki

Tempat kegiatan tersebut di Masjid Rabbaniyyin Jalan Rinjani 2 RT 8 RW 3 Kelurahan Jembatan Kecil Kecamatan Singaran Pati.

Kampung Ramadan ini dibuka langsung oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Rosminiarty pada H-2 sebelum puasa yaitu 9 Maret 2024.

Ketua Program Kampung Ramadhan Rinjani Ramadan Nur Fatur Rahman mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk menguatkan keimanan dan ibadah selama bulan Ramadan. Dimana ada 10 program yang dilakukan.

BACA JUGA:Kemenag Rejang Lebong Gandeng Baznas untuk Pengelolaan Zakat Fitrah ASN

"Kita membuat 10 program tersebut untuk kegiatan selama bulan Ramadan agar kita sama-sama meningkatkan ibadah. Selain ibadah puasa juga ibadah lainnya salah satunya sholat tarawih, tadarus dan lainnya," kata Ramadan kepada BETVNEWS, Minggu 24 Maret 2024.

BACA JUGA:1.908 Warga di Seluma Kena ISPA Karena Polusi Udara

Tambah Ramadan, dalam kegiatan ini, masyarakat setempat maupun pelaku UMKM umum di luar Kampung Rinjani dapat menjual berbagai macam jajanan selama bulan Ramadan, tepatnya di sekitar Masjid Rabbaniyyin. Baik itu berupa makanan ataupun non makanan. 

Tidak hanya itu, kampung ini juga kerap membagikan takjil gratis bagi masyarakat sekitar dan mengadakan buka bersama. Ada 100-200 porsi per hari yang akan dibagikan.

BACA JUGA:Minum Air Putih Saat Berbuka Puasa Punya Khasiat yang Luar Biasa, Cek Manfaatnya di Sini

Kampung Ramadhan Rinjani juga menyediakan voucher pasar sore ceria sebesar Rp5.000 untuk anak-anak yang ikut sholat tarawih dan subuh di Masjid Rabbani.

"Nantinya voucher tersebut bisa ditukarkan di Pasar Sore Ceria dengan berbelanja sebesar voucher yang diberikan dan berlaku setiap tanggalnya," ujar Ramadan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: