1.908 Warga di Seluma Kena ISPA Karena Polusi Udara

1.908 Warga di Seluma Kena ISPA Karena Polusi Udara

Kasi P2PM Dinkes Seluma, Septi Erdita Putri--(Sumber Foto: Wisnu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Seluma, di tahun 2024 ini terus melakukan pendataan jumblah masyarakat di Kabupaten Seluma yang terjangkit penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA).

BACA JUGA:Sekda Minta OPD di Seluma Sampaikan Formasi Kebutuhan ASN Tahun 2024

Bahkan, dari data bulan Januari-Maret ini, 1908 orang masyarakat di Kabupaten Seluma, telah terjangkit penyakit tersebut.

BACA JUGA:Pemkab Seluma Sambangi BPJN, Bahas soal Kepastian Pembangunan Jembatan Simpang

Kasi P2PM Dinkes Seluma, Septi Erdita Putri mengatakan, adapun 1908 orang masyarakat di Kabupaten Seluma, yang terjangkit penyakit ISPA ini tersebar di 14 Kecamatan se-Kabupaten Seluma, dan diderita dari usia balita sampai 60 (0-60) tahun ke atas.

BACA JUGA:Dinilai Menimbulkan Dampak Negatif, Ini Deretan Permasalah PT AIP di Seluma

"Sampai Bulan ini ada sebanyak 1908 kasus ISPA di Seluma dan itu diderita mulai dari balita sampai usia 60 tahun ke atas," ungkap Septi Erdita Putri, Kasi P2PM Dinkes Seluma, Minggu 24 Maret 2024.

BACA JUGA:3 Proyek Fisik di Seluma Masuk Masa Sanggah, Total Anggaran Capai Rp12 Miliar

Untuk itu, mengingat persoalan tersebut pun juga sudah ditangani pihaknya dengan pemberian obat oleh pihak terkait, serta penyakit ISPA ini banyak diakibatkan dari faktor polusi udara pabrik sawit di Kabupaten Seluma.

Maka dari itu ia menghimbau, untuk masyarakat di Kabupaten Seluma, dapat terus menjaga kesehatan, kebersihan lingkungan, mengkonsumsi makan bergizi dan bila mengalami batuk dan sesak napas, dapat segera melakukan pengobatan ke Puskesmas terdekat.

BACA JUGA:Inilah 5 Cara Ampuh untuk Mencerahkan Kulit Wajah Belang dengan Cepat dan Efektif, Cek Apa Saja

"Iya kita himbau, apa lagi ini di bulan ramadhan dapat kiranya terus menjaga kesehatan, mengkonsumsi makanan bergizi dan lain hal. Serta tidak kalah pentingnya, bila mengalami gejala batuk dan sesak napas, dapat segera melakukan pengobatan ke Puskesmas terdekat," pungkasnya.

Berikut rincian masyarakat Seluma yang terjangkit ISPA mulai dari usia 0-60 tahun ke atas:

- Usia 0-1 tahun sebanyak 85 orang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: