Sudah Siap Mudik? Jangan Lupa Amalkan Bacaan Doa Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh Agar Senantiasa Dilindungi

Sudah Siap Mudik? Jangan Lupa Amalkan Bacaan Doa Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh Agar Senantiasa Dilindungi

Sudah siap mudik? Jangan lupa amalkan bacaan doa sebelum melakukan perjalanan jauh ini agar senantiasa dilindungi--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Bagi umat Muslim, doa sebelum melakukan perjalanan juga merupakan hal yang penting untuk dilakukan terutama sebelum melakukan perjalanan mudik

BACA JUGA:Suzuki Ertiga hingga Daihatsu Xenia, Berikut Rekomendasi Mobil Rp200 Jutaan untuk Mudik Lebaran 2024

Menjelang libur panjang Hari Ray Idul Fitri mobilitas masyarakat menjadi semakin tinggi karena banyak masyarakat yang memanfaatkan waktu libur ini untuk mudik ke kampung halaman bersama keluarga. 

Perjalanan yang ditempuh saat mudik bisa dilakukan dengan perjalanan darat, perjalanan laut, dan juga perjalanan udara. Doa ini dilakukan dengan harapan agar selalu dilindungi oleh Allah SWT dalam perjalanan. 

BACA JUGA:Murah dan Berkualitas! Berikut 5 Rekomendasi Mobil Seharga Rp100 Jutaan yang Bisa Kamu Bawa Mudik Lebaran

Bahkan Rasulullah SAW sebagai suri tauladan muslim di seluruh dunia juga memanjatkan doa sebelum melakukan perjalanan. Mengutip laman detik.com, dalam Kitab Al-Adzkar susunan Imam An-Nawawi dan diriwayatkan dari Abdullah bin Sarjis RA, beliau berkata :

"Jika Rasulullah SAW melakukan perjalanan jauh, beliau meminta perlindungan dari beratnya perjalanan, buruknya tempat kembali dan kebengkokan setelah lurus, doanya orang-orang yang dizalimi, serta buruknya pandangan dan harta," (HR Muslim)

BACA JUGA:Wajib Lakukan Ini saat Mudik agar Berkendara Tetap Aman, Nomor 4 Sering Disepelekan

Untuk memastikan perjalanan dapat dilalui dengan tenang, berikut kumpulan doa sebelum melakukan perjalanan jauh yang bisa kamu baca sebelum berpergian. 

Doa Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh

1. Doa Keluar Rumah

Berpergian selalu diawali dengan meninggalkan rumah. Islam juga mengajarkan doa saat keluar rumah atau sebelum meninggalkan rumah dan melakukan perjalanan.

Berikut bunyi doa tersebut :

"Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla laa quwwata illaa billaahi." 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: