Segar dan Manis! Berikut 5 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui, Jadi Makin Suka

Segar dan Manis! Berikut 5 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui, Jadi Makin Suka

Segar dan manis! Berikut 5 manfaat buah semangka untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui, jadi makin suka--(Sumber Foto: Doc/BETV)

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah semangka yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan jantug berkat kandungan senyawa antioksidan dan juga lycopene. Kedua kandungan ini bermanfaat untuk mengurangi resiko penyakit jantung. 

Kandungan lycopene ini dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan. Kandungan lainnya seperti vitamin, mineral dan juga senyawa fitokimia yang ada di dalamnya juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung. 

BACA JUGA:Jangan Dibuang Dulu! Kulit Semangka Ampuh Kurangi Penuaan hingga Tingkatkan Libido, Cek Kandungannya di Sini

2. Mencegah Sembelit

Manfaat buah semangka yang selanjutnya adalah mencegah sembelit berkat kandungan airnya yang tinggi dan dilengkapi dengan serat yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan. 

Oleh sebab itu, dengan mengonsumsi buah semangka ini dapat melancarkan buang air besar dan juga mencegah terjadinya sembelit. 

BACA JUGA:Ini 7 Bahaya Mengonsumsi Semangka Secara Berlebihan, Ini Efeknya bagi Tubuh

3. Memenuhi Kebutuhan Elektrolit

Buah semangka juga dapat membantu memenuhi kebutuhan elektrolit di dalam tubuh karena kaya akan air dan berbagai mineral yang dapat memenuhi kebutuhan elektrolit tersebut, seperti kalium dan kalsium. 

Elektrolit ini diperlukan oleh tubuh agar tubuh dapat berfungsi dengan baik termasuk untuk mendukung gerak otot, menjaga ritme detak jantung dan juga mengontrol tekanan darah agar tetap stabil. 

BACA JUGA:Cek di Sini! 6 Manfaat Semangka bagi Kesehatan Tubuh, Ternyata Punya Banyak Nutrisi

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Selain memenuhi kebutuhan elektrolit, buah semangka juga dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam darah karena mengandung likopen, sebuah senyawa antioksidan yang berperan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. 

Kandungan serat dan juga likopen inilah yang dapat mencegah penyempitan pembuluh darah akibat kolesterol serta menurunkan resiko terjadinya hipertensi dan juga stroke. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: